Sakinah, Fitria (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR KELAS X SMA NEGERI I PERBAUNGAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103321016 COVER.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
4103321016 PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (462kB) | Preview
4103321016 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
4103321016 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
4103321016 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
4103321016 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
4103321016 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
4103321016 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
4103321016 BAB I.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
4103321016 BAB V.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
4103321016 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor di SMA Negeri I Perbaungan. Jenis penelitian adalah quasi eksperimen. Populasi pada penelitian ini seluruh siswa kelas X SMA Negeri I Perbaungan sebanyak 6 kelas. Sampel dalam penelitian ini diambil dua kelas secara random sampling yaitu satu kelas sebagai kelas eksperimen dan satu kelas lagi sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada materi suhu dan kalor dalam bentuk pilihan berganda yang berjumlah 20 soal dan lembar observasi untuk mencatat seluruh aktivitas siswa dalam kelompok. Hasil pengujian pretes siswa sebelum diberikan perlakuan yang berbeda, diperoleh harga thitung < ttabel atau 0,15 < 1,98 yang berarti tidak ada perbedaan yang signifikan antara kemampuan awal siswa sebelum diberikan perlakuan yang berbeda. Setelah diberi perlakuan yang berbeda, selanjutnya dilakukan pengujian hasil postes dengan menggunakan uji t untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap hasil belajar siswa. Hasil pengujian hipotesis diperoleh harga thitung = 2,38. Pada taraf signifikan α = 0,05 dan didapat harga ttabel = 1,98. Dengan membandingkan thitung dan ttabel diperoleh thitung > ttabel atau 2,38 > 1,98 artinya Ha diterima dan H0 ditolak, sehingga diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 536.107 12 Sak p |
Keywords: | hasil belajar; pembelajaran kooperatif; Group Investigation; pemeblajaran konvensional; suhu; pemuaian; kalor; perpindahan kalor; perubahan wujud zat |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QC Physics > QC251 Heat |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 25 Aug 2016 04:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11509 |