Susanto, Edi (2014) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMA 1 STABAT T.P 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (337kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
6. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
7. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (309kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (846kB) | Preview
10. BAB V.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (423kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar dan aktivitas siswa pada materi kalor. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X Peminatan MIPA SMA Negeri 1 Stabat T.P 2013/2014. Sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling yaitu kelas X-PIA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-PIA 4 sebagai kelas kontrol masing-masing berjumlah 37 orang. Instrumen yang digunakan adalah test yang berjumlah 10 soal.Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 43,81 dan nilai rata-rata kelas kontrol 44,05. Kedua kelas berdistribusi normal, dan berasal dari kelompok yang homogen. Dari hasil uji beda disimpulkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan, artinya kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model problem based learning dan kelas kontrol dengan model konvensional. Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 80,05 dan kelas kontrol 68,81. Berdasarkan hasil uji t diperoleh thitung = 4,55 dan ttabel = 1,668, karena thitung > ttabel maka Ha diterima, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar dan aktivitas siswa pada materi kalor
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 536.107 12 Sus p |
Keywords: | aktivitas belajar; hasil belajar; Problem Based Learning; kalor; perubahan wujud; kalor uap; asas black; konduksi; konveksi; radiasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 14 Oct 2016 03:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11504 |