Silalahi, Ledi Mei Lastri (2014) PENGARUH MODEL QUANTUM TEACHING BERBANTU MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK GERAK DI KELAS VII SMP NEGERI 27 MEDANT.P 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103321026 COVER.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
4103321026 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
4103321026 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
4103321026 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
4103321026 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
4103321026 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
4103321026 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
4103321026 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
4103321026 BAB I.pdf - Published Version
Download (416kB) | Preview
4103321026 BAB V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
4103321026 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model quantum teaching berbantu macromedia flash terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok gerak dan mengetahui peningkatakan aktivitas belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini dilakukan di kelas VII SMP Negeri 27 Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimen, sampel yang diambil sebanyak 60 orang dari 210 jumlah siswa seluruhnya dan dibagi menjadi dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol yang masing-masing terdiri dari 30 orang siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrument tes dan lembar observasi. Sebelum instrumen tes digunakan, instrumen ini telah diuji dengan validitas isi dan ramalan. Hasil penelitian diperoleh rata-rata nilai pretes kelas eksperimen 38,5 pada kelas kontrol 35,33. Kedua kelas berdistribusi normal dan homogen, dan hasil uji kemampuan awal siswa diperoleh = 1,07, pada taraf nyata α = 0,05 diperoleh = 1,84 ( < ) yang artinya kemampuan awal siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah sama. Peningkatan aktivitas belajar siswa pada kelas eksperimen untuk pertemuan I dan II adalah 25,93% dalam kategori rendah dan pada pertemuan II dan III, aktivitas siswa mengalami peningkatan sebesar 57,22% dalam kategori sedang. Setelah diberikan perlakuan, diperoleh rata-rata nilai postes kelas eksperimen 79,69 dan kelas kontrol 75,17. Kedua kelas menunjukkan berdistribusi normal dan homogen, hasil uji hipotesis diperoleh = 2,19, taraf nyata α = 0,05 diperoleh = 1,59 ( > ) yang berarti bahwa ada perbedaan akibat pengaruh model quantum teachingberbantu macromedia flashterhadap hasil belajar siswa pada materi pokok gerak di kelas VII SMP negeri 27 Medan T.P 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 531.112 071 Sil p |
Keywords: | quantum teaching; hasil belajar; aktivitas; macromedia flash; pemeblajaran konvensional; gerak; perpindahan; kelajuan dan kecepatan; gerak lurus |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 25 Aug 2016 04:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11503 |