Gultom, Indra Gandhi (2014) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIK REALISTIK DAN EKSPOSITORI DI KELAS VIII SMP KARYA BUNDA MEDAN T.A. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
409311018 COVER.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
409311018 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
409311018 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
409311018 KATA PENGANTAR .pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
409311018 DAFTAR ISI .pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
409311018 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
409311018 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
409311018 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
409311018 BAB I .pdf - Published Version
Download (394kB) | Preview
409311018 BAB V.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
409311018 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang diajar dengan pembelajaran matematika realistik lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran ekspositori di kelas VIII SMP Karya Bunda Medan T.A. 2013/2014 dan untuk mengetahui bagaimana tingkat kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajar dengan pembelajaran matematika realistik dan dengan pembelajaran ekspositori.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Karya Bunda Medan T.A. 2013/2014 yang terdiri dari 4 kelas. Sampel dipilih 2 kelas secara acak yaitu kelas VIII1 sebanyak 31 siswa sebagai kelas eksperimen dengan pembelajaran matematika realistik dan kelas VIII2 sebanyak 30 siswa sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran ekspositori. Instrumen yang digunakan adalah tes, yaitu pretest dan posttest masing-masing 3 soal dan telah dinyatakan valid. Sebelum dilakukan uji hipotesis terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan homogenitas. Normalitas diuji dengan teknik liliefors dan homogenitas diuji dengan uji F, dari pengujian tersebut diperoleh bahwa sampel berdistribusi normal dan homogen.Dari analisa data selisih posttest
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 512.507 12 Gul p |
Keywords: | masalah matematika; kemampuan pemecahan masalah; matematika realistik; pembelajaran ekspositori; sistem persamaan linear |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA101 Elementary mathematics. Arithmetic |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 25 Nov 2016 10:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11492 |