Simbolon, Lilis Pebeyanti (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN HYPNOTEACHING MENGGUNAKAN MEDIA ANIMASI MICROSOFT POWER POINT UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA DI KELAS IX SMP NEGERI 4 SUMBUL. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM 4103111047 COVER.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
2. NIM 4103111047 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
3. NIM 4103111047 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
4. NIM 4103111047 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
5. NIM 4103111047 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
6. NIM 4103111047 DAFTRAT GAMBAR.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
7. NIM 4103111047 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
8. NIM 4103111047 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
9. NIM 4103111047 BAB I.pdf - Published Version
Download (504kB) | Preview
10. NIM 4103111047 BAB V.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
11. NIM 4103111047 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
12. NIM 4103111047 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa melalui penerapan model pembelajaran hypnoteaching menggunakan media animasi microsoft power point pada materi ajar prisma dan limas di kelas IX-3 SMP Negeri 4 Sumbul Tahun Ajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX-3 SMP Negeri 4 Sumbul yang berjumlah 35 orang. Objek penelitian ini adalah peningkatan pemahaman konsep matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran hypnoteaching menggunakan media animasi microsoft power point. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan tes. Hasil penelitian pada siklus I diperoleh siswa yang memahami aspek translasi mencapai 80% (kategori baik), siswa yang mampu memahami aspek interpretasi mencapai 45,7% (kategori buruk), dan siswa yang mampu memahami aspek ekstrapolasi pada tes diagnostik pemahaman konsep I mencapai 54,3% (kategori buruk). Hasil penelitian pada siklus II diperoleh siswa yang memahami aspek translasi mencapai 100% (kategori sangat baik), siswa yang mampu memahami aspek interpretasi mencapai 82,9% (kategori baik), dan siswa yang mampu memahami aspek ekstrapolasi pada tes diagnostik pemahaman konsep II mencapai 80% (kategori baik). Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan observer diperoleh pengelolaan pembelajaran yang dilaksanakan peneliti pada siklus I termasuk dalam kategori cukup dengan nilai 62,5, dan pada siklus II kategori baik dengan nilai 83,67.Berdasarkan uraian di atas disimpulkan penerapan model pembelajaran hypnoteaching menggunakan media animasi microsoft power point dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa pada materi ajar prisma dan limas di kelas IX-3 SMP Negeri 4 Sumbul Tahun Ajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 5130207 12 Sim p |
Keywords: | pemahaman konsep matematika; pembelajaran geometri; media pembelajaran; pembelajaran hypnoteaching; prisma; bangun ruang |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 14 Oct 2016 02:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11490 |