Sembiring, Andreas (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 21 MEDAN PADA MATERI GARIS DAN SUDUT DENGAN MENGGUNAKAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103311006 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
4103311006 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
4103311006 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
4103311006 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
4103311006 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
4103311006 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
4103311006 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
4103311006 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
4103311006 BAB I.pdf - Published Version
Download (433kB) | Preview
4103311006 BAB V.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
4103311006 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi Garis dan Sudut di kelas VII SMP Negeri 21 Medan T.A 2013/2014.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-9 SMP Negeri 21 Medan yang berjumlah 26 orang. Yang menjadi objek penelitian ini adalah Meningkatkan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi garis dan sudut SMP Negeri 21 Medan Tahun Ajaran 2013/2014.Instrumen penelitian dalam mengumpulkan data adalah tes dan lembar observasi. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dan di akhir setiap siklus diberikan tes hasil belajar.Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Dari tes awal yang diperoleh nilai rata-rata 57,69 dengan tingkat ketuntasan 19,23%. Dari tes hasil belajar 1 yang diperoleh nilai rata-rata 67,30 dengan tingkat ketuntasan adalah 61,54% . Dari tes hasil belajar II yang diperoleh nilai rata-rata 76,15 dengan tingkat ketuntasan belajar 88.64%. Berdasarkan hasil observasi, pengelolaan pembelajaran yang dilaksanakan peneliti pada siklus I, termasuk kategori cukup baik dengan skor 2,52. Akan tetapi pada siklus II, tingkat kemampuan peneliti mengelola pembelajaran termasuk kategori baik dengan skor 3,05. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Garis dan Sudut.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 516.360 712 Sem u |
Keywords: | hasil belajar; model pembelajaran; contextual teaching and learning; problem possing; garis dan sudut |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 16 Aug 2016 07:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11487 |