Nainggolan, Ristauli (2014) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN METODE PENEMUAN TERBIMBING DAN METODE EKSPOSITORI PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS DI KELAS VIII SMP NEGERI 4 MEDAN T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
4102111017 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
4102111017 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
4102111017 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
4102111017 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
4102111017 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
4102111017 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
4102111017 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
4102111017 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
4102111017 BAB I.pdf - Published Version
Download (420kB) | Preview
4102111017 BAB V.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
4102111017 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang diajar menggunakan metode penemuan terbimbing lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang diajar dengan metode ekspositori di kelas VIII semester II SMP N 4 Medan pada materi teorema pythagoras.Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan memberikan perlakuan pada kelompok sampel penelitian kemudian diberikan posttest. Populasi penelitian ini adalah semua siswa SMP N 4 Medan dan yang menjadi sampel penelitian adalah siswa kelas VIII-7 sebagai kelas yang diterapkan pembelajaran dengan metode penemuan terbimbing dan siswa kelas VIII-8 sebagai kelas yang diterapkan pembelajaran dengan metode ekspositori dengan masing-masing jumlah sampel 32 orang dalam tiap kelas. Instrumen penelitian ini menggunakan tes pilihan ganda. Sebelum digunakan sebagai instrumen test tersebut diujicobakan terlebih dahulu. Dari 15 soal yang diujicobakan tersebut kemudian diuji validitas, reabilitas, daya beda, dan tingkat kesukarannya. Dari hasil uji coba, diambil 10 butir tes yang telah valid dan reliabel untuk digunakan pada penelitian. Nilai rata-rata hasil postes pada kelas VIII-7 adalah 80,63 dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 50. Nilai rata-rata hasil postes pada kelas VIII-8 adalah 67,19 dengan nilai tertinggi 90 dan nilai terendah 40. Dari hasil analisis data postes kelas VIII-7 diperoleh =0,1449 < =0,1566 dan data postes kelas VIII-8 diperoleh =0,1356 < =0,1566, sehingga disimpulkan data postes kedua kelas adalah normal. Dari uji homogenitas data postes adalah homogen karena kedua varians =1,0482 < =1,8025. Kemudian uji hipotesis data postes kedua sampel diperoleh =3,09 > =0,1669, sehingga disimpulkan bahwa Ha diterima yang artinya hasil belajar siswa yang diajar menggunakan metode penemuan terbimbing lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang diajar dengan metode ekspositori pada materi teorema pythagoras di SMP N 4 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 516.360 712 Nai p |
Keywords: | metode mengajar; metode espositori; metode penemuan terbimbing; teorema pytagoras |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA273 Probabilities. Mathematical statistics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 16 Aug 2016 07:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11473 |