Ritonga, Lely Safitri (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY (CRH) TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II MAN KISARAN T.P 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
4101121016 COVER.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
4101121016 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
4101121016 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
4101121016 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
4101121016 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
4101121016 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
4101121016 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
4101121016 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
4101121016 BAB I.pdf - Published Version
Download (324kB) | Preview
4101121016 BAB V.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
4101121016 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH) Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Pada Materi Pokok Suhu dan Kalor Di Kelas X Semester II MAN Kisaran T.P 2013/2014.Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan two group pretest postest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN Kisaran T.P 2013/2014 yang terdiri dari 7 kelas yaitu 245 siswa. Sampel diambil dengan cara cluster random sampling, terdiri dari dua kelas yaitu kelas X-A sebagi kelas eksperimen dan X-B sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 35 siswa. Instrumen yang digunakan ada dua, 1) Tes hasil belajar dan 2) Lembar Observasi. Tes hasil belajar berbentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal dengan 5 options dan telah divalidkan oleh 3 validator. Lembar observasi terdiri dari penilaian aktivitas, afektif dan keterampilan. Uji hipotesis menggunakan uji t.Dari hasil analisis data diperoleh kelas eksperimen nilai rata-rata pretes=31,3 dengan standar deviasi=7,4 dan nilai rata-rata postes=76,4 dengan standar deviasi=9,0. Sedangkan pada kelas kontrol nilai rata-rata pretes=29,7 dengan standar deviasi=7,2 dan nilai rata-rata postes=64,7 dengan standar deviasi=8,9. Rata-rata aktivitas belajar di kelas eksperimen=85,70% dan pada kelas kontrol=76,52%, sehingga disimpulkan rata-rata aktivitas siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Rata-rata afektif siswa kelas eksperimen=60,00% dan kelas kontrol=54,6%, sehingga disimpulkan rata-rata afektif kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Rata-rata keterampilan siswa kelas eksperimen, pada pertemuan I=58,2%, pertemuan II=62,35%, pertemuan III=62,7% dan pertemuan IV=71,1%. Jadi nilai rata-rata keterampilan siswa selama pembelajaran=63,7% dengan kriteria aktif. Dari uji hipotesis diperoleh data postes bahwa thitung=5,45 pada taraf signifikan α = 0,05 dan harga ttabel=1,99. Sehingga thitung>ttabel (5,45>1,99), maka Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan akibat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CRH terhadap hasil belajar fisika siswa pada materi pokok suhu dan kalor dikelas X Semester II MAN Kisaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 536.107 12 Rit p |
Keywords: | Hakekat Belajar; Hasil Belajar; Aktivitas belajar; Model pembelajaran; Konperatif; Course Review Horay; Suhu; Pengukuran Suhu; Asas Black; Pemuaian Zat; Kalor |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 23 Aug 2016 09:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11472 |