Tiffany, Febry (2014) PENERAPAN MODEL RESOURCE BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KUBUS DAN BALOK DI KELAS VIII SMP NEGERI 5 STABAT T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103311023 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
4103311023 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
4103311023 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
4103311023 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
4103311023 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
4103311023 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
4103311023 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
4103311023 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
4103311023 BAB V.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
4103311023 BAB I.pdf - Published Version
Download (368kB) | Preview
4103311023 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model Resource Based Learning pada materi kubus dan balok di kelas VIII SMP Negeri 5 Stabat T.A 2013/2014. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Objek penelitian ini adalah penerapan model Resource Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi kubus dan balok di kelas VIII SMP Negeri 5 Stabat T.A 2013/2014. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Stabat T.A. 2013/2014 yang berjumlah 38 orang siswa. Sebelum menerapkan tindakan, siswa diberikan tes awal. Dari hasil tes awal yang diperoleh menunjukkan bahwa hasil belajar siswa masih rendah, terdapat 14 dari 38 siswa (36,84%) yang mencapai ketuntasan belajar klasikal dengan rata-rata 56,34. Setelah pemberian tindakan pada siklus I tingkat ketuntasan belajar siswa secara klasikal adalah (65,79%) atau ada 25 dari 38 siswa yang tuntas belajar secara individu dengan nilai rata-rata 70,45. Selanjutnya setelah pelaksanaan tindakan pada siklus II, tingkat ketuntasan belajar siswa secara klasikal adalah (78,95 %) atau ada 30 dari 40 siswa yang tuntas belajar secara individu dengan nilai rata-rata 80,11. Hasil penelitian ini membuktian bahwa penerapan model Resource Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi kubus dan balok di kelas VIII SMP Negeri 5 Stabat T.A. 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 512.942 071 Tif p |
Keywords: | hasil belajar; pembeljaran matematika; model pembeljaran; resource based learning; kubus; balok; jaring- jaring; volume; aktivitas belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 25 Aug 2016 04:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11471 |