Nugraha, Young Arif (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN INTEGRASI KARAKTER TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI PADA MATERI POKOK GAS IDEAL DI SMA N 1 HINAI T.P. 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
408321050 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
408321050 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
408321050 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
408321050 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
408321050 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
408321050 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
408321050 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
408321050 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
408321050 BAB I.pdf - Published Version
Download (569kB) | Preview
408321050 BAB V.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
408321050 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah: Produk pendidikan yang tidak menyentuhkan karakter akan menghasilkan insan tidak bermoral, cerdas berilmu tetapi lemah tanpa berbekal karakter.Inilah perlunya karakter disentuhkan dalam pembelajaran. Berdasarkan pengamatan saat melakukan observasi di SMA Negeri 1 Hinai, belum seluruhnya siswa memiliki nilai-nilai karakter yang baik.Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui perbedaan atara hasil belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan integrasi karakter dan kooperatif tipe STAD tanpa integrasi karakter, 2) mengetahui perbedaan antara hasil belajar siswa yang karakternya meningkat dan hasil belajar siswa siswa yang karakternya tidak meningkat, 3) mengetahui interaksi antara faktor pembelajaran dengan faktor karakter siswa dalam meningkatkan hasil belajar fisika pada materi pokok gas ideal di kelas XI semester II SMA Negeri 1 Hinai T.P. 2011/2012.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen Two Group Pretest-Posttest Design. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Hinai T.P.2011/2012 yang berjumlah 3 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan jumlah sampel masing sebanyak 30 orang pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan pada pretes dan postes menggunakan intstrumen tes pilihan berganda sebanyak 20 item,kemudian pada perlakuan menggunakan instrumen tes observasi karakter. Dari analisa data diperoleh skor rata-rata pretes kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal dan homogen. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis varian 2x2 pada taraf signifikansi α = 0,05, diperoleh Fhitung = 7465 dan Ftabel = 3,15. Fhitung > Ftabel, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara hasil belajar fisika siswa yang diajar dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan integrasi karakter dengan hasil belajar fisika siswa yang diajar dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD tanpa integrasi karakter pada materi pokok persamaan keadaan gas ideal di kelas XI SMA Negeri 1 Hinai T.P. 2011/2012. Dengan demikian, model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Integrasi Karakter bisa digunakan untuk penelitian selanjutnya dengan menggunakan sampel yang berbeda. Sebagai saran bagi peneliti selanjutnya agar menambah observer dan waktu penelitian, agar akurasi dalam meneliti karakter siswa lebih tepat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 530.430 712 Nug p |
Keywords: | gas ideal; pembelajaran kooperatif; STAD; pendidikan karakter; hasil belajar; nilai- nilai karakter |
Subjects: | Q Science > QC Physics Q Science > QC Physics > QC170 Atomic physics. Constitution and properties of matter including molecular physics, relativity, quantum theory, and solid state physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 25 Nov 2016 10:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11466 |