Parinduri, SRi Handayani (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DENGAN MEDIA PRESENTASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG DI KELAS VIII SEMESTER II MTSN 2 MEDAN T.A. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103121076 COVER.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
4103121076 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
4103121076 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
4103121076 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
4103121076 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
4103121076 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
4103121076 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
4103121076 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
4103121076 BAB I.pdf - Published Version
Download (328kB) | Preview
4103121076 BAB V.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
4103121076 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan media presentasi terhadap hasil belajar siswa pada materi Getaran dan Gelombang. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN 2 Medan yang berjumlah 7 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 35 orang untuk kelas eksperimen dan 35 orang untuk kelas kontrol.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Sebelum pembelajaran diberikan pada kedua kelas terlebih dahulu dilakukan pretes. Untuk kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata 34,857 dan untuk kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 33,286. Dari hasil uji normalitas dan homogenitas pretes siswa diperoleh bahwa data kedua kelas sampel adalah berdistribusi normal dan homogen dengan uji t dua pihak diperoleh bahwa kemampuan awal kedua kelas sama. Selanjutnya diberi perlakuan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan media presentasi pada kelas eksperimen dan model pembelajaran langsung pada kelas kontrol. Setelah pembelajaran diberikan kemudian pada kedua kelas sampel dilakukan postes. Diperoleh nilai rata-rata 79,429 untuk kelas eksperimen dan nilai rata-rata 72,429 untuk kelas kontrol. Aktivitas siswa pada saat pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan media presentasi diperoleh rata-rata pada pertemuan I sebesar 47,21% (Cukup Aktif), pada pertemuan II sebesar 60,95% (Aktif) dan pada pertemuan III sebesar 72,24% (Aktif). Dari hasil uji normalitas dan homogenitas postes siswa diperoleh bahwa data kedua kelas sampel adalah berdistribusi normal dan homogen. Dari hasil uji hipotesis thitung=3,723 dengan taraf nyata α=0,05 diperoleh ttabel=1,668 (thitung>ttabel) yang berarti Ha diterima, sehingga disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan media presentasi terhadap hasil belajar siswa pada materi getaran dan gelombang kelas VIII semester II MTsN 2 Medan T.A. 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 534.507 12 Par p |
Keywords: | kooeratif; STAD; hasil belajar; aktivitas; getaran; gelombang; media pembelajaran |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 23 Aug 2016 09:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11463 |