Harahap, Nurfiza Zahra W (2014) EFEK PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA FISIKA MATERI CAHAYA DI SMP DHARMA PATRA PANGKALAN BERANDAN T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
4102121017 COVER.pdf - Published Version
Download (932kB) | Preview
4102121017 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
4102121017 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
4102121017 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (309kB) | Preview
4102121017 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
4102121017 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
4102121017 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
4102121017 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
4102121017 BAB I.pdf - Published Version
Download (325kB) | Preview
4102121017 BAB V.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
4102121017 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar IPA Fisika dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih baik daripada pembelajaran konvensional.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII Semester II SMP Dharma Patra Pangkalan Berandan yang terdiri dari 5 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 5 kelas secara acak yaitu kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 33 orang dan kelas VIII-B sebagai kelas kontrol yang berjumlah 33 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar, lembar penilaian psikomotorik, lembar penilaian afektif dan lembar observasi aktivitas belajar siswa. Tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal dengan 4 option yang telah dinyatakan valid. Pengujian hipotesis dengan uji t satu pihak, sedangkan lembar penilaian psikomotorik dan lembar penilaian afektif dianalisis secara deskriptif.Dari hasil penelitian nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 39,69 dan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pretes 39,84. Setelah dilakukan perlakuan pada masing-masing kelas diperoleh rata-rata nilai postes pada kelas dengan pembelajaran Kooperatif tipe TGT sebesar 75.30 sedangkan siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional diperoleh nilai rata-rata postes siswa 63.63. Melalui uji t satu pihak diperoleh thitung > ttabel yaitu 4,66>1,67 pada taraf signifikansi α = 0,05 dan dk = 64. Hal ini berarti H1 diterima yang berarti hasil belajar IPA Fisika siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih baik daripada pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 535.140 712 Har e |
Keywords: | : Hasil belajar, Model pembelajaran kooperatif, Kooperatif tipe teams games tournament (TGT);Pembelajaran Konvensional;Cahaya;Pemantulan; Hukum Pembiasan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 23 Aug 2016 09:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11458 |