Sinaga, Melda Al (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA STATIS DI KELAS XI SEMESTER II DI SMA N 4 BINJAI TA 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103321030 COVER.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
4103321030 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
4103321030 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
4103321030 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
4103321030 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
4103321030 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
4103321030 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
4103321030 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
4103321030 BAB I.pdf - Published Version
Download (441kB) | Preview
4103321030 BAB V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
4103321030 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar dan aktivitasbelajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Quantum Teaching padamateri pokok Fluida Statis di kelas XI semester II di SMA Negeri 4 Binjai TahunPelajaran 2013/2014.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian twogroup pre-tes dan pos-tes. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XIsemester II SMA N 4 Binjai T.P. 2013/2014 yang terdiri dari 5 kelas. Sampelpenelitian ini diambil dengan cluster random sampling, terpilih kelas XI IPA-1sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA-2 sebagai kelas kontrol. Jumlahkeseluruhan sampel adalah 80 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes hasilbelajar dalam bentuk pilihan berganda dan lembar observasi yang telah dilakukanuji prasyaratan tes.Dari analisa data diperoleh skor rata-rata pretes kelas eksperimen 40,50pada kelas kontrol sebesar 40,75. Dari hasil uji kemampuan awal siswa diperolehthit = -0,10. Pada taraf 􀟙 = 0,05 diperoleh ttab = 1,99 (thitung < ttabel) yang berarti Hoditerima, sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan awal siswa kelaseksperimen dan kelas kontrol sama. Untuk skor rata-rata postes, pada kelaseksperimen 75,75 pada kelas kontrol 66,50. Uji normalitas dan homogenitasmenunjukkan bahwa kedua kelas berdistribusi normal dan homogen, kemudian ujihipotesis data postes diperoleh bahwa thitung > ttabel (4,34 > 1,67) makan Haditerima, yakni ada perbedaan akibat pengaruh model pembelajaran QuantumTeaching dengan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa padamateri pokok Fluida Statis. Selama proses pembelajaran, data rata-rata aktivitasbelajar siswa pada kelas yang diajarkan dengan model Quantum teaching adalah74,16 % dengan kategori aktif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 532.207 12 Sin p |
Keywords: | Quantum Teaching; Quasi Eksperimen; Cluster Remdom; sampling; Fluida Statis; Adhesi; Kohesi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 19 Aug 2016 02:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11456 |