Girsang, Tahando (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS SMA N 1 KECAMATAN SILAMAKUTA KABUPATEN SIMALUNGUN. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103121079 COVER.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
4103121079 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
4103121079 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
4103121079 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
4103121079 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
4103121079 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
4103121079 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
4103121079 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
4103121079 BAB I.pdf - Published Version
Download (306kB) | Preview
4103121079 BAB V.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
4103121079 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaranberdasarkan masalah terhadap hasil belajar fisika siswa pada materi pokok ListrikDinamis di SMA Negeri 1 Kecamatan Silimakuta Kabupaten Simalungun. Jenispenelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen Populasi dalam penelitianini adalah seluruh siswa kelas X Semester II SMA Negeri 1 kecamatan SilimakutaKabupaten Simalungun yang berjumlah 210 orang yang terdiri dari tujuh kelasSampel penelitian ini diambil dua kelas yaitu kelas 1 X sebagai kelas eksperimendan kelas 4 X sebagai kelas kontrol yang masing masing berjumlah 30 orangyang ditentukan dengan cara Cluster Random Sampling Untuk memperoleh datayang diperlukan dalam penelitian ini digunakan tes pilihan berganda denganjumlah 20 item dengan lima option jawaban yang sebelumnya telah divalidasi untuk menguji hipotesis digunakan uji beda uji tDari analisa data diperoleh skor rata rata pretes kelas eksperimen 39 66dengan standar deviasi 9 99 dan rata rata postes 76 33 dengan standar deviasi7 64 sedangkan pada kelas kontrol diperoleh skor rata-rata pretes sebesar 37 83dengan standar deviasi 10 05 dan rata rata postes 64 00 dengan standar deviasi9 94 Kedua kelas menunjukkan berdistribusi normal dan varians kedua kelashomogen Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji t diperoleh hitung t 5 3842 ttabel 1 671 artinya bahwa ada pengaruh model pembelajaran berdasarkanmasalah terhadap hasil belajar fisika siswa pada materi pokok Listrik Dinamis diSMA Negeri 1 Kecamatan Silimakuta kabupaten Simalungun Dan adanyapeningkatan aktivitas pada setiap pertemuan Jadi aktivitas sangat berpengaruhterhadap peningkatan hasil belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 537.607 12 Gir p |
Keywords: | Quasi eksprimen; Model pembelajaran; Masalah; Hasil belajar; Arus listrik; Alat ukur listrik; Hukum ohm; Hambatan listrik; Hukum 1 Khircoff; Energi dan daya listrik |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QC Physics > QC501 Electricity |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 25 Aug 2016 03:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11447 |