Sitompul, Ivandi (2014) HUBUNGAN KUALITAS PENCATATAN PETA PIKIRAN (MIND MAP) DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB MATERI SISTEM INDERA DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 3 BINJAI TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103341023 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
4103341023 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
4103341023 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (351kB) | Preview
4103341023 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
4103341023 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (325kB) | Preview
4103341023 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
4103341023 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
4103341023 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
4103341023 BAB I.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
4103341023 BAB V.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
4103341023 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan kualitas pencatatan Peta Pikiran (Mind Map) dengan hasil belajar siswa pada sub materi sistem indera di kelas XI SMA Negeri 3 Binjai T.P 2013/2014; dan (2) kontribusi kualitas pencatatan peta pikiran terhadap hasil belajar siswa di kelas XI SMA Negeri 3 Binjai T.P 2013/2014. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 3 Binjai semester II tahun pelajaran 2013/2014 yang terdiri dari 5 kelas. Yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah satu kelas yaitu kelas XI IPA5 yang terdiri dari 40 orang. Untuk pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data hasil belajar adalah tes berbentuk pilihan ganda sebanyak 40 soal yang valid dari 50 soal. Sebelum data dianalisis terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitas data. Uji normalitas menggunakan uji Liliofers sedangkan uji homogenitas digunakan uji Bartlet. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan ANAVA satu jalur dengan α = 0,05. Dari hasil perhitungan uji hipotesis penelitian diperoleh thitung = 5,893, dan ttabel = 2,0315. Nilai thitung > ttabel. Artinya bahwa hubungan kualitas pencatatan peta pikiran dengan hasil belajar siswa kelas XI SMAN 3 Binjai terbukti sangat signifikan, seperti pada dugaan awal di hipotesis penelitian. Kontribusi kualitas pencatatan peta pikiran dengan hasil belajar siswa kelas XI sebesar 51,27%. Hasil kesimpulan penelitian ini menunjukkan: (1) Ada hubungan kualitas pencatatan peta pikiran dengan hasil belajar siswa kelas XI sangat signifikan. Kualitas pencatatan peta pikiran siswa diikuti dengan tingginya hasil belajar siswa. dan (2) Pengaruh kualitas pencatatan peta pikiran terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMAN 3 Binjai sebesar 51,27%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 574.407 12 Sit h |
Keywords: | Mengajar; Proses Pembelajaran; Peta Pikiran (Mind Map); Sistem Indera Pada Manusia; Kompetensi Dasar |
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology Q Science > QH Natural history > QH426 Genetics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 25 Nov 2016 06:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11438 |