Jamilah, Rizka (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJARSISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARANBERBASIS MASALAH DI SMA NEGERI 1 RANTAU UTARAPADA TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103341039 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
4103341039 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
4103341039 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
4103341039 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
4103341039 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
4103341039 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
4103341039 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
4103341039 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
4103341039 BAB I.pdf - Published Version
Download (523kB) | Preview
4103341039 BAB V.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
4103341039 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
4103341039 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah (PBM) pada materi pencemaran lingkungan di kelas X SMA Negeri 1 Rantau Utara Tahun Pembelajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa SMA Negeri 1 Rantau Utara dengan jumlah siswa sebanyak 46 orang. Sedangkan sampel penelitian diambil secara total dengan jumlah siswa sebanyak 46 orang. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa pada tiap siklus, dimana saat pretest persentase perolehan siswa adalah sebesar 2,17% yang tergolong sangat rendah, meningkat pada postest-1 (siklus I) menjadi sebesar 28,26% yang tergolong masih rendah dan kembali meningkat saat postest-2 (siklus II) menjadi sebesar 89,13% yang tergolong tinggi. Untuk data persentase ketercapaian Indikator diketahui bahwa pada siklus I tujuan pembelajaran ang ditetapkan pada kedua indicator belum tercapai, sedangkan pada siklus II indicator yang ditetapkan telah tercapai. Untuk data aktivitas belajar siswa diketahui bahwa tingkat aktivitas belajar siswa siklus I tergolong cukup
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 577.107 12 Jam u |
Keywords: | Hasil Belajar; Aktivitas Belajar; Model Pembelajaran; PBAS; Pencemaran Lingkungan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Rini Arianti |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 12 Aug 2016 07:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11437 |