Simamora, Marina (2014) UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI POKOK PENCEMARAN LINGKUNGAN DI KELAS X-1 SMA SWASTA HKBP SIDORAME TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103141041 COVER.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
4103141041 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
4103141041 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
4103141041 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
4103141041 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
4103141041 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
4103141041 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
4103141041 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
4103141041 BAB I.pdf - Published Version
Download (358kB) | Preview
4103141041 BAB V.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
4103141041 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi siswa menggunakan model Problem Based Learning (PBL) pada materi pokok pencemaran lingkungan kelas X-1 SMA SWASTA HKBP SIDORAME tahun pembelajaran 2013/2014.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang telah dilaksanakan mulai tanggal 23 April sampai 02 Juni 2014, dengan subjek penelitian kelas X-1 SMA SWASTA HKBP SIDORAME dengan jumlah siswa 40 orang. Pelaksanaan tindakan yang dilakukan dengan 2 siklus, (1) Siklus 1: pelaksanaan model problem based learning pada sub materi keseimbangan dan macam-macam pencemaran lingkungan dengan kegiatan diskusi dan persentasi. (2) Siklus 2: pelaksanaan model problem based learning pada sub materi limbah dan mendaur ulang limbah dengan kegiatan diskusi dan praktik mendesain produk daur ulang. Parameter yang diamati pada penelitian yaitu, aktivitas siswa pada pembelajaran dengan menggunakan lembar observasi aktivitas siswa, dan hasil belajar biologi siswa dengan menggunakan tes pilihan berganda.Hasil penelitian menunjukkan rata-rata aktivitas siswa pada siklus I yaitu 49, kategori cukup aktif dan siklus II meningkat menjadi 68,30 kategori aktif. Peningkatan aktivitas belajar sisa meningkat sebesar 19,12%. Hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 63,1425% (12 orang) siswa yang hasil belajarnya tuntas dan meningkat di siklus II menjadi 81,55% (38 orang) siswa yang hasil belajarnya tuntas. Maka pembelajaran menggunakan model problem based learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 577.107 12 Sim u |
Keywords: | aktivitas belajar; model pembelajaran; pengajaran Problem Based Learning (PBL); keseimbangan lingkungan; pencemaran lingkungan |
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH501 Life |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 25 Nov 2016 05:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11410 |