Rezeki, Arika Sri (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DI KELAS X-8 SMA NEGERI 21 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103141009 COVER.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
4103141009 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
4103141009 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
4103141009 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
4103141009 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
4103141009 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
4103141009 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
4103141009 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
4103141009 BAB I.pdf - Published Version
Download (320kB) | Preview
4103141009 BAB V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
4103141009 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi siswa menggunakan penerapan model pembelajaraan kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) pada materi pokok ekosistem kelas x-8 SMA Negeri 21 Medan tahun pembelajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan melalui tiga siklus penelitian. Penelitian ini dilakukan dengan pengamatan langsung terhadap 30 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan, rata-rata pretest siswa yang dilaksanakan setelah pemberian materi adalah 41.33 ± 14.07, sedangkan rata-rata pada postes I adalah 56.86 ± 12.73. Persentase ketuntasan belajar pada siklus I adalah 20 %, hal ini belum mencapai kriteria ketuntasan secara klasikal. Pada siklus II diperoleh rata-rata hasil belajar adalah 63.58 ± 10.61. Ketuntasan klasikal masih mencapai 30 %. Pada siklus III diperoleh rata-rata hasil belajar siswa 74.25 ± 7.16. Ketuntasan klasikal adalah 86.67 % dan hal ini telah mencapai ketuntasan klasikal. Aktivitas siswa pada siklus I yaitu 44.75 % kategori cukup aktif dan siklus II meningkat menjadi 54.25 % kategori penilaian aktivitas cukup aktif. Peningkatan aktivitas belajar siswa meningkat sebesar 9.5 %. Pada siklus III aktivitas siswa adalah 71.25 dengan kategori aktif. Peningkatan aktivitas belajar siswa meningkat sebesar 17 %. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dalam penelitian ini dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 574.071 2 Rez p |
Keywords: | model pembelajaran; pemeblaajran kooperatif; langkah- langkah; kooperatif tipe TGT; sintaks pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 25 Aug 2016 02:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11405 |