Ningtyas, Kiki Puspa (2014) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 10 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103141032 COVER.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
4103141001 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
4103141032 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
4103141032 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
4103141032 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
4103141032 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
4103141032 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
4103141032 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
4103141032 BAB I.pdf - Published Version
Download (347kB) | Preview
4103141032 BAB V.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
4103141032 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor sekolah dan faktor psikologis yang menyebabkan kesulitan belajar siswa pada bidang studi biologi di kelas XI IPA SMA Negeri 10 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014. Data faktor kesulitan belajar siswa diperoleh melalui angket yang divalidkan oleh validator (ahli), sedangkan siswa yang mengalami kesulitan belajar adalah siswa yang memiliki nilai ≤ KKM yang diperoleh melalui hasil belajar dari nilai rapor siswa semester ganjil. Sampel penelitian adalah 50 orang siswa yang berkesulitan belajar yang diambil secara sampel purposive. Melalui teknik analisis data yaitu teknik analisis deskriptif persentase diketahui adanya faktor kesulitan belajar, seperti faktor sekolah 64,70% yang berarti memiliki tingkat kesulitan yang cukup menghambat. Pada penelitian ini yang termasuk faktor sekolah yaitu sumber belajar 56,5%, pendekatan dan strategi pembelajaran 59%, metode mengajar 75,5%, materi pembelajaran 69%, media pembelajaran 61,25%, disiplin guru 81,5%, standar pelajaran 87%, relasi siswa dengan guru 67,83%, relasi siswa dengan siswa 57% dan lingkungan sekolah 42,5%. Selain faktor sekolah, kesulitan belajar juga dipengaruhi faktor psikologis yaitu 67,93% yang berarti memiliki tingkat kesulitan yang cukup menghambat. Pada penelitian ini yang termasuk faktor psikologis yaitu intelegensi 56,25%, perhatian 65,75%, minat 76,2%, bakat 58,25%, motivasi 68% dan psikiatrik 70,75%. Berdasarkan skor keseluruhan adalah 5280 dari skor ideal 8000 atau 66%, berarti siswa memiliki kesulitan belajar yang cukup menghambat. Berdasarkan hasil analisis angket yang dilakukan, didapatkan bahwa faktor yang paling mempengaruhi tingkat kesulitan belajar siswa adalah faktor sekolah yaitu lingkungan sekolah sebesar 42,5% yang tergolong kriteria sangat menghambat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 574.071 2 Nin a |
Keywords: | belajar; hasil belajar; kesulitas belajar; pencegahan; profesional guru |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 08:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11394 |