Wasni, Nila Zusmita (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAM GAME TOURNAMENT) DALAM MENINGKATKAN HASIL DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA BIOLOGI DIKELAS VII SMPN 38 KEC. MEDAN MARELAN TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM.409141066 COVER.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
2. NIM.409141066 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
3. NIM.409141066 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
4. NIM.409141066 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
5. NIM.409141066 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
6. NIM.409141066 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
7. NIM.409141066 DAFTAR TABEl.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
8. NIM.409141066 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
9. NIM.409141066 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
10. NIM.409141066 BAB I.pdf - Published Version
Download (384kB) | Preview
11. NIM.409141066 BAB V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
12. NIM.409141066 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dan aktivitas siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Team Game Tournament). Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 38 Kec. Medan Marelan Tahun Pembelajaran 2012/2013 yang berjumlah 31 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa.Metode pembelajaran bermain merupakan salah satu alternatif untuk meningkatkan proses pembelajaran. Prinsip penerapan metode pembelajaran ini adalah siswa bekerja dalam kelompok kecil, saling membantu dalam belajar, dan mengadopsi pembelajaran mandiri siswa dengan saling bertanya antara kelompok secara bergantian. Strategi pembelajaran bermain (game) memungkinkan siswa dapat aktif belajar secara berkelompok, berkompetensi secara sehat, dapat terwujud dengan menyenangkan semua pihak.Hasil belajar biologi siswa pada siklus I dikatakan belum tuntas, dengan nilai rata-rata 64.68 sehingga dilanjutkan ke siklus II yang dikatakan telah tuntas dengan nilai rata-rata 79.03. Persentase tingkat ketuntasan belajar yaitu pada siklus I sebesar 54.84% dan pada siklus II sebesar 100%. Dan aktivitas belajar siswa yang diamati pada saat pembelajaran mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 70.08% dengan kategori penilaian cukup baik, sedangkan aktivitas pembelajaran pada siklus II mengalami peningkatan dengan perolehan rata-rata nilai keseluruhan 85.48% dengan kategori penilaian sangat baik. Hasil aktivitas belajar siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II dimana nilai rata-rata siklus I sebesar 65% dengan kategori sukup baik dan siklus II sebesar 83% dengan kategori baik. Maka dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar biologi melelui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dikelas VII SMP Negeri 38 Kec. Medan Marelan Tahun Pembelajaran 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 577.10712 Was p |
Keywords: | pendidikan; belajar mengajar; bermain; pentingnya game; pembelajaran kooperatif; ekosistem |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 13 Oct 2016 07:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11392 |