Audrin, Theresia (2014) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR KIMIA DENGAN MENERAPKAN MODEL PRACTICE REHEARSAL PAIR DAN THINK PAIR SHARE MENGGUNAKAN MEDIA POWERPOINT PADA MATERI KOLOID DI SMA N 1 TANJUNG MORAWA. Undergraduate thesis, UNIMED.
4114131006 COVER.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
4114131006 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
4114131006 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
4114131006 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
4114131006 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
4114131006 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
4114131006 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
4114131006 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
4114131006 BAB I.pdf - Published Version
Download (305kB) | Preview
4114131006 BAB V.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
4114131006 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen bertujuan mengetahui peningkatan hasil belajar kimia siswa dengan penerapan model pembelajaran Practice Rehearsal Pair dan model pembelajaran Think Pair Share dengan menggunakan media Powerpoint pada materi Koloid. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA di SMA N 1 Tanjung Morawa yang terdiri 4 kelas. Pengambilan sampel penelitian secara random sampling yang terdiri dari kelas eksperimen 1 dan eksperimen II. Kelas eksperimen 1 dengan penerapan pembelajaran Practice Rehearsal Pair dengan media powerpoint dan kelas eksperimen II dengan penerapan pembelajaran Think Pair Share dengan media Powerpoint. Berdasarkan hasil uji persyaratan data, diketahui baik data hasil belajar siswa kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen II dinyatakan berdistribusi normal dan memiliki varian yang homogen. Berdasarkan hasil data gain, besar peningkatan hasil belajar dengan penerapan model Practice Rehearsal Pair sebesar 71 % dari nilai 31,11 menjadi 79,94 sedangkan besar peningkatan hasil belajar dengan model Think Pair Share sebesar 69% dari nilai 30,75 menjadi 79,16 . Hasil pengujian hipotesis, melalui uji t pihak kanan pada taraf signifikan α = 0,05 menunjukkan bahwa t hitung> t tabel yaitu 3,40 > 1,668, yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Dari hasil penelitian ini, terdapat perbedaan hasil belajar kimia yang signifikan antara penerapan model Practice Rehearsal Pair dengan model Think Pair Share dan besar perbedaan hasil belajar dari kedua model tersebut sebesar 2 %.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 541.345 071 2 Aud p |
Keywords: | belajar kimia; mengajar kimia; media pembelajaran; koloid; koloid liofil; koloid liotob |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 23 Aug 2016 08:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11379 |