Simamora, Eka Lasma Rito (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE TERHADAP NILAI KOGNITIF, AFEKTIF, DAN PSIKOMOTORIK SISWA PADA SUB MATERI POKOK SISTEM EKSKRESI MANUSIA BERBASIS KURIKULUM 2013 DI KELAS XI IPA SMA N 6 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103341011 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
4103341011 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
4103341011 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
4103341011 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
4103341011 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
4103341011 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
4103341011 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
4103341011 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
4103341011 BAB I.pdf - Published Version
Download (442kB) | Preview
4103341011 BAB V.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
4103341011 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share terhadap nilai kognitif, afektif dan psikomotorik siswa pada sub materi pokk sistem ekskresi manusia berbasis kurikulum 2013 di kelas XI IPA SMA N 6 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2013. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA N 6 Medan yang terdiri atas 4 kelas . sedangkan sampel penelitian diambil secara acak (random sampling) yang terdiri dari 2 kelas yaitu XI IPA 2 dan XI IPA 3. Kelas XI IPA 2 dijadikan sebagai kelas eksperimen yaitu diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share dengan pengajaran berbasis kurikulum 2013,dengan jumlah siswa sebanyak 33 orang. sedangkan kelas XI IPA 3 dijadikan sebagai kelas kontrol yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional dengan jumlah siswa sebanyak 33 orang. Berdasarkan hasil uji persyaratan data, data hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol dinyatakan berdistribusi normal dan memiliki varians yang seragam (homogen) . berdasarkan hasil analisis data penelitian, diperoleh rata-rata hasil belajar siswa pada ranah kognitif pada kelas eksperimen adalah sebesar 86,57 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 79,09. Rata-rata afektif kelas eksperimen sebesar 78,03% dan kontrol sebesar 73,18%. untuk ranah psikomotorik, kelas eksperimen sebesar 85,22% kelas kontrol sebesar 78,03%. Setelah dilakukan uji-t diperoleh bahwa thitung > ttabel (4,857>1,672) Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share terhadap nilai kognitif, afektif dan psikomotorik siswa pada sub materi pokok sistem ekskresi manusia berbasis kurikulum 2013 di kelas XI IPA SMA N 6 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 574.140 712 Sim p |
Keywords: | hasil belajar; kurikulum Indonesia; kemampuan kognitif; psikomotorik; model pembelajaran; sistem ekskresi pada manusia |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF511 Affection. Feeling. Emotion N Fine Arts > NX Arts in general > NX280 Study and teaching. Research Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 18 Aug 2016 04:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11371 |