Barus, Ewi Mellysa (2014) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DENGAN METODE ROLE PLAYING PADA PEMBELAJARAN SISTEM EKSKRESI MANUSIA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 GALANG TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103141020 COVER.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
4103141020 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
4103141020 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
4103141020 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (90kB)
4103141020 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
4103141020 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
4103141020 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
4103141020 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
4103141020 BAB I.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
4103141020 BAB V.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
4103141020 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran dengan metode role playing pada pembelajaran sistem ekskresi manusia terhadap hasil belajar siswa di kelas XI IPASMA Negeri 1 Galang tahun pembelajaran 2013/2014. Untuk mengetahui efektivitas dalam penelitian ini maka digunakan empat indikator yaitu 1) Ketuntasan belajar siswa tuntas secara klasikal 2) Aktivitas siswa dikategorikan aktif, 3) Respon siswa dikatagorikan positif dan 4) Kemampuan guru mengelola pembelajaran dikategorikan baik, Bila tiga dari empat indikator tersebut terpenuhi, dengan syarat nomor 1 harus ikut didalamnya, maka pembelajaran dapat dikatakan efektif. Maka dalam penelitian ini efektivitas suatu pembelajaran dilihat dari keempat indikator tersebut.Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA1 dengan jumlah siswa sebanyak 28 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah menerapkan metode role playing, diperoleh ketuntasan belajar siswa, tuntas secara klasikal dengan perolehan sebesar 89,28%. Aktivitas siswa, aktif secara klasikal diperoleh sebesar 78,1%. Respon siswa, positif terhadap kegiatan pembelajaran sebesar 82,71%. Aktivitas guru, baik sekali dengan perolehan nilai sebesar 88,3%. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh maka keempat indikator efektivitas terpenuhi sehingga dapat disimpulkan penerapan metode role playing efektif terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran sistem ekskresi manusia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 574.140 712 Bar e |
Keywords: | efektivitas pemeblaajran; aktivitas belajar; metode role playing; langkah- langkah; sistem ekskresi manusia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 03:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11368 |