Tanjung, Evi Linda Sari (2014) PENGARUH PENERAPAN MODEL COOPERATIVE PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENUMBUH KEMBANGKAN TANGGUNG JAWAB DAN MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103131021 COVER.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
4103131021 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
4103131021 KAAT PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
4103131021 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
4103131021 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
4103131021 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
4103131021 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
4103131021 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
4103131021 BAB I.pdf - Published Version
Download (488kB) | Preview
4103131021 BAB V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
4103131021 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan tanggung jawab, psikomotorik, dan hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model CPBL dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model cooperative learning tipe NHT pada pokok bahasan kelarutan dan hasil kali kelarutan di Kelas XI IPA SMA Negeri 8 Medan T.A 2013/2014. Sampel penelitian sebanyak dua kelas diambil secara acak dimana kelas ekperimen 1 diberi perlakukan model CPBL sedangkan kelas eksperimen 2 diberi perlakuan model NHT. Teknik pengambilan data untuk karakter tanggung jawab dan psikomotorik siswa diperoleh melalui observasi selama proses pembelajaran dengan menggunakan indikator instrumen yang telah divalidasi, sedangkan hasil belajar siswa diperoleh dari tes hasil belajar menggunakan tes objekstif 20 soal dari 40 soal yang telah diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda. Pengolahan data dilakukan menggunakan program SPSS 21 for Windows dan data yang diuji telah dinyatakan homogen dan terdistribusi normal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan tumbuh kembangnya sikap tanggung jawab, psikomotorik dan hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan dengan model CPBL dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan dengan model cooperative learning tipe NHT (Sign < 0,05). Rata-rata nilai tanggung jawab, psikomotorik dan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model CPBL lebih tinggi dari siswa yang dibelajarkan dengan model NHT. Peningkatan hasil belajar pada kelas yang dibelajarkan dengan model CPBL sebesar 64,28 % sedangkan peningkatan hasil belajar pada kelas yang dibelajarkan dengan model cooperative learning tipe NHT sebesar 54,53 % sehingga selisih peningkatan hasil belajar dari kedua kelas adalah 9,75%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 541.342 071 2 Tan p |
Keywords: | belajar kimia; karakteristik ilmu kimia; pendidikan karakter; tanggung jawab; model CPBL; kelarutan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 19 Aug 2016 03:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11358 |