Nasution, Rafida Aini (2014) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA CROSSWORD PUZZLE DAN MEDIA WORD SQUARE PADA MATERI EKOSISTEM DI KELAS VII SMP NEGERI 8 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
6. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
7. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (346kB) | Preview
10. BAB V.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
12. RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa menggunakan media crossword puzzle dan media word square pada materi ekosistem di kelas VII SMP Negeri 8 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 8 Medan yang terdiri dari 10 kelas berjumlah 304 orang. Sedangkan sampel penelitian diambil secara purposive sampling dengan jumlah siswa sebanyak 60 orang dengan perincian kelas VII-3 dengan menggunakan crossword puzzle dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang dan kelas VII-4 dengan menggunakan media word square dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang. Berdasarkan hasil perolehan hasil belajar siswa terlihat rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan media crossword puzzle sebesar 74,53 sedangkan rata-rata hasil belajar siswa dengan menggunakan media word square sebesar 80,66. Adanya perbedaan hasil belajar siswa pada kedua kelas penelitian tersebut dibuktikan melalui pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t dan taraf kepercayaan  = 0,05, dimana thitung > ttabel yaitu 2,61 > 1,67.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 577.107 12 Nas p |
Keywords: | hasil belajar; media pembelajaran; media crossword puzzle; media word square; ekosistem |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 13 Oct 2016 07:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11350 |