Ginting, Putri Rima Sari (2014) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN STUDENT TEAMS- ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA MATERI EKOSISTEM DIKELAS X SMA NEGERI 17 MEDAN PADA TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103141058 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
4103141058 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
4103141058 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
4103141058 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
4103141058 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
4103141058 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
4103141058 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
4103141058 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
4103141058 BAB I.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
4103141058 BAB V.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
4103141058 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
4103141058 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams - Achievement Division (STAD) pada materi pokok ekosistem di kelas X SMA Negeri 17 Medan TP. 2013/2014. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi kelas X SMA Negeri 17 Medan TP. 2013/2014 yang terdiri atas 8 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 166 orang. Metode Pengambilan sampel penelitian diambil secara purposive sampling yakni kelas X-2 yang berjumlah 32 siswa sebagai kelas NHT dan kelas X -4 yang berjumlah 35 siswa sebagai kelas STAD. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Hasil pengujian pretes sebelum diberikan perlakuan yang berbeda, yaitu nilai rata-rata pretes kelas NHT adalah 38,6 dengan standar deviasi 9 dan nilai rata-rata pretes kelas STAD35,9 dengan standar deviasi 8,17. Pada pengujian data pretes kedua kelas diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Kemudian setelah diberikan perlakuan, yaitu melalui model pembelajaran yang berbeda diperoleh postes dengan hasil rata-rata kelas NHT 73,3 dengan standar deviasi 9,96 dan kelas STAD74,4 dengan standar deviasi 66,86. Dari hasil pengolahan data postes diperoleh bahwa thitung = -0,50 dan ttabel = 1,998 pada taraf α = 0,05 sehingga thitung> ttabel (-0,50< 1,998) maka HOditerima yakni tidak ada perbedaan hasil belajar siswa yang diajardengan menggunakan model NHT dengan STAD padamateri ekosistem di kelas X SMA Negeri 17 Medan TP. 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 577.107 12 Gin p |
Keywords: | hasil belajar; model pembelajaran; pembelajaran kooperatif; kooperatif tipe STAD; ekosistem; makhluk hidup |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 16 Aug 2016 06:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11348 |