Munthe, Maulidi Yanti (2014) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPETHINK PAIR SHARE (TPS) DENGANTIPESTUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA MATERI EKOSISTEM DI KELAS X SMA SMA NEGERI 1 AEK NATAS TAHUN PEMBELAJARAN2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
4101141024 COVER.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
4101141024 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (315kB) | Preview
4101141024 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
4101141024 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
4101141024 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
4101141024 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
4101141024 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
4101141024 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
4101141024 BAB I.pdf - Published Version
Download (474kB) | Preview
4101141024 BAB V.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
4101141024 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dan tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada materi ekosistem di kelas X SMA Negeri 1 Aek Natas Tahun pembelajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA SMA Negeri 1 Aek Natas yang berjumlah 180 siswa dan sampel diambil secara random sampling sebanyak 70 siswa. Berdasarkan rata-rata hasil pretest siswa menunjukkan nilai rata-rata pretest siswa adalah 1 = 29,73 dan SD = 12,41 untuk kelas yang diajar dengan penggunaan model TPS sedangkan kelas yang diajar dengan penggunaan model STAD didapat 2 = 31,90 dan SD = 12,12. Setelah mendapat perlakuan nilai rata-rata post test siswa yang diajar dengan penggunaan model TPS ( 1= 82,66 ; SD= 10,52) lebih tinggi dibanding dengan penggunaan model STAD ( 2 = 72,73 ; SD = 9,55). Adanya perbedaan hasil belajar tersebut dibuktikan melalui pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t dan taraf kepercayaan α = 0,05, dimana thit ¬3,83 >ttab ¬ 2,038 yang berarti dalam penelitian ini H0 ditolak sekaligus menerima Ha. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan secara statistik dimana kelas TPS lebih tinggi hasil belajarnya daripada kelas yang menggunakan model STAD pada materi Ekosistem di Kelas X SMA Negeri 1 Aek Natas Tahun Pembelajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 577.107 12 Mun p |
Keywords: | belajar; hasil belajar; kooperatif tipe TPS; kooperatif tipe STAD; ekosistem |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 23 Aug 2016 08:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11346 |