Elizabeth (2014) PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO PEMBELAJARAN DARI MEDIA SOSIAL YOUTUBE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK EKOSISTEM DI KELAS X SMA NEGERI 6 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103341015 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
4103341015 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (624kB) | Preview
4103341015 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
4103341015 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (328kB) | Preview
4103341015 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
4103341015 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
4103341015 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
4103341015 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
4103341015 BAB I.pdf - Published Version
Download (347kB) | Preview
4103341015 BAB V.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
4103341015 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
Abstract
ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan video pembelajaran dari media sosial YouTube terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok ekosistem di kelas X SMA Negeri 6 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014. Yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 6 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014 yang berjumlah ± 229 orang yang terdiri dari 6 kelas. Sedangkan sampel penelitian ini diambil secara purvosive sampling sebanyak 2 kelas dengan perincian kelas X-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-4 sebagai kelas kontrol. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Berdasarkan hasil uji persyaratan data, diketahui bahwa data yang digunakan berdistribusi normal dan memiliki varians yang seragam (homogen). Setelah dilakukan penilaian nilai rata-rata pre-tes siswa dikelas eksperimen (X ̅= 59.5; SD=7,800) sedangkan dikelas kontrol (X ̅= 58.8; SD=8,324 ) dan post-test siswa dikelas eksperimen (X ̅= 80,8 ; SD= 6,615) lebih tinggi dibanding kelas kontrol ( X ̅= 68,6 ; SD= 5,619). Dari uji t diperoleh thitung (49,75) > ttabel (2,00) pada hasil post-test dari kedua kelas pada α = 0,05 yang berarti dalam penelitian ini H0 ditolak sekaligus menerima Ha. Jadi disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan video pembelajaran dari media sosial YouTube terhadap hasiL belajar siswa pada materi pokok ekosistem di kelas X SMA Negeri 6 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 577.107 12 Eli p |
Keywords: | media pendidikan; media sosial; klasifikasi; media sosial; klasifikasi; media sosial youtube; pembelajaran ekosistem |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 16 Aug 2016 08:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11342 |