Maulydia, Siti Syarah PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DI SMP SWASTA MUHAMMADIYAH 2 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (328kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (292kB) | Preview
6. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
7. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (951kB) | Preview
10. BAB V.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (293kB) | Preview
12. RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) Mengetahui efektivitas bahan ajar yang dikembangkan pada materi aritmatika sosial melalui Pendekatan Matematika Realistik (PMR) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa (2) Mengetahui respon siswa terhadap bahan ajar yang telah dikembangkan melalui Pendekatan Matematika Realistik (PMR). Penelitian dilakukan di SMP Swasta Muhammadiyah 2 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Pengembangan yang dilakukan adalah pengembangan terhadap perangkat melalui model 3-D (Three-D Model) yang dikemukakan Thiagarajan, Semmel dan Semmel dan dimodifikasi sesuai kebutuhan. Model ini meliputi tiga tahapan terdiri dari tahap pendefenisian (define), tahap rancangan (design), dan tahap pengembangan (develop). Ujicoba bahan ajar dilakukan sebanyak dua kali coba dan dilakukan pada siswa kelas VII SMP Swasta Muhammadiyah 2 Medan. Pada ujicoba 1, sampel diambil dari kelas VII-A sebanyak 25 orang dan setelah diperoleh hasilnya tidak efektif sehingga dilakukan perbaikan maka dilakukan ujicoba kedua. Pada Ujicoba 2, sampel diambil dari kelas V11-B sebanyak 24 orang. Hasil penelitian dapat disimpulkan beberapa hal berikut: (1) Efektivitas bahan ajar yang dikembangkan melalui pendekatan matematika realistik disimpulkan berdasarkan bahwa : (a) ketuntasan klasikal sebesar 87,5 (b) ketercapaian tujuan pembelajaran khusus (TPK) (c) kemampuan guru mengelola pembelajaran sebesar 3,04 dan (d) ketercapaian aktivitas siswa : efektif. (2) Berdasarkan analisis data penelitian, diperoleh gambaran bahwa bahan ajar yang dikembangkan melalui pendekatan matematika realistik dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematis pada pokok bahasan aritmatika sosial, dimana peningkatan diperoleh setelah ujicoba 2 dilakukan. (3) Respon siswa terhadap bahan ajar yang telah dikembangkan melalui Pendekatan Matematika Realistik (PMR) adalah positif. Sehingga disarankan kepada setiap guru terutama guru matematika agar mampu mengembangkan bahan ajar sendiri yang sesuai dengan kebutuhan peserta didiknya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 13 Oct 2016 06:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11336 |