Deli, Anggi Cahya (2014) PERBEDAAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER DAN TIPE THINK PAIR SHARE PADA MATERI STRUKTUR ATOM DAN SISTEM PERIODIK DI SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103331004 COVER.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
4103331004 LEMBAR PENGESAHAHAN.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
4103331004 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
4103331004 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
4103331004 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
4103331004 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
4103331004 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
4103331004 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
4103331004 BAB I.pdf - Published Version
Download (401kB) | Preview
4103331004 BAB V.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
4103331004 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kimia siswa yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (kelas eksperimen 1) dan yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (kelas eksperimen 2) pada materi Struktur Atom dan Sistem Periodik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPA SMA Negeri Medan. Sampel yang diteliti terdiri dari dua kelas, yang diambil pada sekolah SMAN Negeri 6 Medan. Masing-masing kelas terdiri dari 34 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah soal sebanyak 20 soal yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Berdasarkan analisis data hasil penelitian, rata-rata nilai pretest-postest pada kelas eksperimen 1 adalah 27,79 ; 86,18, sedang rata-rata nilai pretest-posttest pada kelas eksperimen 2 adalah 27,60 ; 74,85. Pada uji normalitas dengan tehnik uji χ2 pada tingkat signifikansi 0,05, data penelitian ini tidak berdistribusi normal. Pada uji homogenitas dengan tehnik Fhitung pada tingkat signifikansi 0,05 menunjukkan data penelitian ini adalah homogen. Dengan demikian, berdasarkan uji beda nyata dengan tehnik statistik t pada tingkat signifikansi 0,05 dapat dinyatakan bahwa ada perbedaan hasil belajar kimia siswa secara signifikan antara yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together dan tipe Think Pair Share.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 541.240 712 Del p |
Keywords: | hasil belajar; karakteristik pembeljaran kimia; NHT; TPS; materi atom |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 25 Aug 2016 09:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11325 |