Riani (2014) PERBEDAAN HASIL BELAJAR KIMIA SMA YANG DIBELAJARKAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CPBL DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN MEDIA POWER POINT PADA MATERI HIDROKARBON. Undergraduate thesis, UNIMED.
4102131016 COVER.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
4103131016 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (298kB) | Preview
4102131016 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
4103131016 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
4102131016 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
4103131016 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
4103131016 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
4102131016 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
4102131016 BAB I.pdf - Published Version
Download (449kB) | Preview
4102131016 BAB V.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
4102131016 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perbedaan antara model Cooperative Problem Based Learning (CPBL) dengan model pembelajaran kooperative tipe Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar kimia siswa kelas XI SMA Al-Hidayah Medan pada materi Hidrokarbon dengan menggunakan media Power point. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Al-Hidayah Medan yang terdiri dari 2 kelas. Sampel terdiri dari kelas XI IPA-1 sebagai kelas eksperimen I dan kelas XI IPA-2 sebagai kelas eksperimen II. Sampel penelitian kelas eksperimen I kelas eksperimen II berjumlah 70 siswa. Hasil belajar yang ditinjau dari penelitian ini mencakup ranah kognitif, afektif dan psikomotorik. Kognitif siswa yang diukur adalah melalui tes berupa pre-test dan post-test, penilaian psikomotorik siswa diamati melalui lembar observasi indikator standar pengukuran psikomotorik dan penilaian afektif mencakup dari sikap komunikatif siswa melalui lembar observasi indikator standar pengukuran karakter komunikatif.Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan tumbuh kembangnya sikap komunikatif, psikomotorik, dan hasil belajar kognitif siswa yang dibelajarkan dengan model cooperative problem based learning dengan siswa yang dibelajarkan dengan model kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) (Sig 0,000 < 0,05). Peningkatan hasil belajar pada kelas yang dibelajarkan dengan model cooperative problem based learning sebesar 75,15 % dan peningkatan hasil belajar pada kelas yang dibelajarkan dengan model Student Teams Achievement Division sebesar 59,23 %. Sehingga selisih peningkatan hasil belajar siswa antara kedua model tersebut sebesar 16%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 547.010 712 Ria p |
Keywords: | belajar kimia; karakteristik; pendidikan karakter; komunikatif/ kecakapan; CPBL; hidrokarbon |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF511 Affection. Feeling. Emotion L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 02:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11324 |