Yanti, Erliza (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBASIS WORD SQUARE TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA POKOK BAHASAN HIDROKARBON. Undergraduate thesis, UNIMED.
4101131009 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
4101131009 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
4101131009 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
4101131009 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
4101131009 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
4101131009 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
4101131009 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
4101131009 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
4101131009 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
4101131009 BAB I.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
4101131009 BAB V.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
4101131009 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran hasil belajar kimia siswa yang diajarkan dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Students Team Achivement Division (STAD) berbasis word square dibandingkan dengan siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. pada pokok bahasan hidrokarbon. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Persiapan Stabat yang terdiri dari 4 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposif sampling dengan mengambil 2 kelas dari 4 kelas yaitu kelas X 2 dan sebagai kelas Kontrol dan kelas X 4 sebagai kelas eksperimen. Sampel penelitian kelas kontrol dan kelas eksperimen masing-masing berjumlah 26 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes objektif dalam bentuk pilihan ganda berjumlah 18 soal. Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan model pembelajaran koperatif tipe STAD berbasis Word Square dan kelas Kontrol diberikan perlakuan dengan model pembelajaran konvensional. Dari hasil penelitian, untuk kelas Kontrol diperoleh nilai rataan pretest sebesar 22,88 ± 5,54 dan nilai rataan postest adalah 71,35 ± 11,11 sedangkan nilai rataan untuk kelas eksperimen adalah 22,46 ± 6,70 dan nilai rata-rata postest adalah 78,19 ± 9,84. Nilai rataan gain kelas Kontrol diperoleh 0,63 dan nilai rataan gain untuk kelas kontrol dalah 0,72. Uji normalitas pretest kelas Kontrol diperoleh x2 hitung = 4,88 dan χ 2 tabel = 11,07, untuk postest diperoleh χ2 = 7,00 dan dan χ 2 tabel = 11,07. Uji normalitas pretest kelas eksperimen diperoleh dan χ 2 hitung = 8,88 dan χ 2 tabel = 11,07, untuk postest diperoleh χ 2 hitung = 8,77 dan dan χ 2 tabel = 11,07. Sehingga χ 2 hitung < χ 2 tabel maka data kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas, untuk pretest diperoleh Fhitung = 1,51 dan Ftabel = 1,92, untuk postest diperoleh Fhitung = 1,275 dan Ftabel = 1,92, sehingga Fhitung < Ftabel, maka kedua sampel homogen. Hasil uji t diperoleh thitung= -2,35 dan daerah kritis pada: t < - 1,9895 dan t > 1,9895, sehingga ttabel berada pada daerah kritis yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kimia siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD Berbasis Word Square dan yang diajar dengan model pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 547.010 712 Yan p |
Keywords: | hasil belajar; model pembelajaran; model kooperatif tipe STAD; word square; hidrokarbon |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 23 Aug 2016 08:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11323 |