Nasution, Nazhimah Bey (2014) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBASIS MASALAH UNTUK MENUMBUHKEMBANGKAN KREATIVITAS DAN MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA POKOK BAHASAN HIDROLISIS GARAM. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4103331034 COVER.pdf - Published Version
Download (591kB) | Preview
2. NIM 4103331034 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (739kB) | Preview
3. NIM 4103331034 ABSTRAC.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
4. NIM 4103331034 PREFACE.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
5. NIM 4103331034 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (962kB) | Preview
6. NIM 4103331034 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
7. NIM 4103331034 TABLES.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
8. NIM 4103331034 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
9. NIM 4103331034 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
10. NIM 4103331034 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
11. NIM 4103331034 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
12. NIM 4103331034 BIOGHRAPHY.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan tumbuhkembangnya karakter kreativitas dan peningkatan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan pembelajaran kooperatif berbasis masalah dibandingkan dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD pada pokok bahasan hidrolisis garam. Serta untuk mengetahui seberapa efektif pembelajaran kooperatif berbasis masalah diterapkan pada pokok bahasan hidrolisis garam. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPA SMA Negeri 3 Medan. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas yang diambil secara acak. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah soal sebanyak 20 soal yang telah dinyatakan valid dan reliabel serta lembar observasi karakter kreativitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (sig. 0,000<0,05) yaitu terdapat perbedaan yang signifikan tumbuhkembangnya kreativitas siswa yang diajarkan dengan model kooperatif berbasis masalah dibandingkan dengan siswa yang menggunakan model kooperatif tipe STAD pada pokok bahasan hidrolisis garam. Pada (sig. 0,014 < 0,05) terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan pembelajaran kooperatif berbasis masalah dibandingkan dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD pada pokok bahasan hidrolisis garam. Peningkatan hasil belajar pada kelas pembelajaran kooperatif berbasis masalah (eksperimen 1) sebesar 66,9 % dan peningkatan hasil belajar pada kelas pembelajaran kooperatif tipe STAD (eksperimen 2) sebesar 60,42 %. Adapun efektivitas pembelajaran dari pembelajaran kooperatif berbasis masalah sebesar 9,69%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 541.393 071 2 Nas e |
Keywords: | hasil belajar; efektifitas pembelajaran; pendidikan karakter; kreativitas; tipe STAD; hidrolisis garam |
Subjects: | Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 13 Oct 2016 06:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11322 |