Saragih, Nurhayati (2014) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN KERJASAMA SISWA PADA POKOK BAHASAN HIDROKARBON. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103331038 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
4103331038 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
4103331038 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
4103331038 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
4103331038 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
4103331038 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
4103331038 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
4103331038 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
4103331038 BAB I.pdf - Published Version
Download (386kB) | Preview
4103331038 BAB V.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
4103331038 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning(Pembelajaran Berbasis Masalah) terhadap peningkatan hasil belajar dan sikap kerjasama siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bandar Khalipah yang terdiri dari 2 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan mengambil seluruh populasi yaitu kelas pertama (XI1) sebagai kelas eksperimen dan kelas kedua (XI2) sebagai kelas kontrol. Sampel penelitian kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing berjumlah 30 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar kimia siswa adalah tes objektif dalam bentuk pilihan ganda berjumlah 20 soal. Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan model pembelajaran problem based learning(Pembelajaran Berbasis Masalah) dan kelas kontrol diberikan perlakuan dengan model pembelajaran langsung (Direct Instruction). Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 38.667 dengan standar deviasi 9,87 dan nilai rata-rata post-test adalah 76,33 dengan standar devasi 9,091 sedangkan nilai rata-rata pretest kelas kontrol sebesar 41 dengan standar deviasi 8,449 dan nilai rata-rata post-test adalah 64.67 dengan standar devasi 9.185. Pada pengujian normalitas , pada tes awal pada kelas eksperimen diperoleh sign = 0.292 dan pada kelas control diperoleh sign = 0.249, karena sign > ɑ (0.292 > 0.05 dan 0.249 > 0.05) maka data kedua kelas berdistribusi normal. Pada gain hasil belajar pada kelas eksperimen diperoleh sign = 0.994 dan pada kelas control diperoleh sign = 0.906, Karen sign > ɑ (0.994 > 0.05 dan 0.906 > 0.05) berarti gain kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas sig yang diperoleh sebesar 0.371. Jika ɑ ≤ sig, artinya data homogen. 0.05 ≤ 0.371 berarti data tersebut homogen. Peningkatan hasil belajar kimia siswa kelas eksperimen lebih besar dari pada hasil belajar kimia kelas kontrol, yaitu 61% dan 39.9% dengan rata-rata nilai keseluruhan kerjasama belajar siswa kelas eksperimen adalah 74.8138. Berdasarkan perhitungan dengan menggunakan SPSS 16 for windows diperoleh nilai sig (2 tailed) < ɑ (0.002 < 0.05), berarti Ha2 diterima, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning (Pembelajaran Berbasis Masalah) terhadap peningkatan hasil belajar dan sikap kerjasama siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 547.010 712 Sar p |
Keywords: | belajar kimia; hasil belajar; sikap kerjasama; metod epembeljaran; problem based learning; hidrokarbon |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 16 Aug 2016 04:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11320 |