Putri, Amrita Julfantina (2014) PERBEDAAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X PIA YANG DIBELAJARKAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER DAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA POWERPOINT DAN HANDOUT PADA MATERI STRUKTUR ATOM. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103131002 COVER.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
4103131002 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
4103131002 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
4103131002 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
4103131002 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
4103131002 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
4103131002 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
4103131002 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
4103131002 BAB I.pdf - Published Version
Download (285kB) | Preview
4103131002 BAB V.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
4103131002 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa kelas X PIA yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan media PowerPoint dan Handout dibandingkan dengan yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dengan media PowerPoint dan Handout pada materi struktur atomPopulasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Muhammadiyah 2 Medan yang terdiri dari 3 kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas yang berjumlah 70 orang dengan cara purposive sampling yaitu pengambilan sampel dengan pertimbangan peneliti sehingga diperoleh kelas yang diberi pengajaran menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan media PowerPoint dan Handout dan kelas model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dengan media PowerPoint dan Handout.Nilai rata-rata gain untuk siswa kelas eksperimen1 (0,777 ± 0,894) dan untuk siswa kelas eksperimen2 (0,638 ± 0,809). Berdasarkan hasil analisa data, diperoleh harga thitung sebesar 5,291 serta nilai ttabel sebesar 1,997 pada taraf signifikan α = 0,05 dan dk = 68, sehingga thitung > ttabel. Sedangkan persentase peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen1 ini sebesar 77% dan persentase peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen2 ini sebesar 63,8%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan dari hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran PBL disertai media powerpoint dan handout dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT disertai media powerpoint dan handout pada materi struktur atom.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 541.240 712 Put p |
Keywords: | kurikulum 2013; belajar kimia; pembelajaran kooperatif; NHT; media pemeblajaran; PBL; media handout; struktur atom |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 04:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11317 |