Panjaitan, Herry Purwanto (2014) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR DAN KERJA KERAS SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION (GI) DAN MODEL JIGSAW BERBANTUAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS). Undergraduate thesis, UNIMED.
4103131026 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
4103131026 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
4103131026 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
4103131026 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
4103131026 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
4103131026 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
4103131026 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
4103131026 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
4103131026 BAB I.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
4103131026 BAB V.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
4103131026 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
Abstract
Penerapan model pembelajaran ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar dan karakter kerja keras kimia siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Group Investigation (GI) dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif Jigsaw pada pokok bahasan Sturuktur Atom dijelaskan dalam skripsi ini. Penelitian dilakukan terhadap siswa kelas X MAN 1 Medan T.A. 2014/2015. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN 1 Medan yang terdiri dari 8 (delapan) kelas. Sampel ditetapkan dengan cluster random sampling yakni mengambil 2 kelas yang dijadikan kelas eksperimen.Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen. Pengambilan data untuk hasil belajar siswa diperoleh dengan tes hasil belajar yang menggunakan instrumen yang valid sebanyak 20 soal dan reliabel (0,814). Sedangkan, data untuk karakter kerja keras siswa diperoleh melalui observasi dengan menggunakan data instrumen yang telah valid.Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Group Investigation (GI) dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Jigsaw dan terdapat perbedaan yang signifikan karakter kerja keras siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Group Investigation (GI) dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Jigsaw.Peningkatan hasil belajar siswa pada kelas yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif Group Investigation (GI) sebesar 64,10 % dan peningkatan hasil belajar siswa pada kelas yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Jigsaw sebesar 60,21%. Maka, dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar dan sikap kerja keras siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif Group Investigation (GI) dan Model Jigsaw.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 541.240 712 Pan p |
Keywords: | hasil belajar; model pembelajaran; pembelajaran kooperatif; investigasi kelompok; partikel materi; penyusun atom |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 16 Aug 2016 08:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11314 |