Elisa, Aiga (2014) PENGARUH PENERAPAN MODEL COOPERATIVE PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENUMBUHKAN SIKAP KOMUNIKATIF DAN MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI STOIKIOMETRI. Undergraduate thesis, UNIMED.
4102131002 COVER.pdf - Published Version
Download (818kB) | Preview
4102131002 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
4102131002 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
4102131002 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
4102131002 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
4102131002 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
4102131002 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
4102131002 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
4102131002 BAB I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
4102131002 BAB V.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
4102131002 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Pengaruh penerapan model pembelajaran ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan karakter komunikatif, psikomotorik dan hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model cooperative problem based learning dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan dengan model direct instruction pada pokok bahasan Stoikiometri dijelaskan dalam skripsi ini. Penelitian dilakukan terhadap siswa kelas X SMA Negeri 2 T.Tinggi T.A 2013/2014. Pengambilan data untuk karakter komunikatif dan psikomotorik siswa diperoleh melalui observasi dengan menggunakan data instrumen yang telah valid. Sedangkan hasil belajar siswa diperoleh dengan tes hasil belajar yang menggunakan instrumen yang valid sebanyak 20 soal dan reliabel (0,690). Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan tumbuh kembangnya sikap komunikatif, psikomotorik, hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model cooperative problem based learning dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan dengan model direct instruction (Sig 0,000 < 0,05). Peningkatan hasil belajar pada kelas yang dibelajarkan dengan model cooperative problem based learning sebesar 75,15 % dan peningkatan hasil belajar pada kelas yang dibelajarkan dengan model direct instruction sebesar 59,23 %. Sehingga selisih peningkatan hasil belajar siswa antara kedua model tersebut sebesar 16%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 541.260 712 Eli p |
Keywords: | hasil belajar; pendidikan karakter; model pembelajaran; direct instruction; stoikiometri; massa molekul; konsep mol |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 23 Aug 2016 08:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11309 |