Ginting, Elsa (2014) PENGEMBANGAN MODUL INOVATIF PEMBELAJARAN RUMUS KIMIA, TATA NAMA SENYAWA, DAN PERSAMAAN REAKSI SESUAI KURIKULUM 2013 BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL). Undergraduate thesis, UNIMED.
4114131002 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
4114131002 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
4114131002 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
4114131002 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
4114131002 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
4114131002 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
4114131002 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
4114131002 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
4114131002 BAB I.pdf - Published Version
Download (309kB) | Preview
4114131002 BAB V.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
4114131002 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh modul inovatif untuk SMA kelas X yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa, populasi penelitian adalah (1) Guru – guru kimia SMA kelas X sebagai validasi modul (2) Seluruh siswa kelas X dari SMA Negeri 2 Medan. Sampel yang ditetapkan pada penelitian ini
adalah (1) Guru – guru kimia yang ada di 3 sekolah yaitu : SMA Negeri 2 Medan, SMA Negeri 1 Kutalimbaru, SMA Yapim Sibiru – biru (2) Dua kelas Siswa kelas X dari SMA Negeri 2 Medan sekolah tempat penelitian yang dijadikan kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kelas eksperimen diberi perlakuan pengajaran
menggunakan modul kimia inovatif sedangkan kelas kontrol tanpa menggunakan modul kimia inovatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Analisis data untuk buku teks dari guru guru kimia ini berada pada rerata 2,88. (2) Analisis data standar untuk modul dari guru – guru kimia berada rerata 3,3. Ini menunjukkan
bahwa hasil analisis untuk modul kimia inovatif yang diajukan sudah valid dan tidak perlu direvisi kembali. (3) Hasil penelitian eksperimen menunjukkan peningkatan hasil belajar kimia siswa yang dibuktikan dengan nilai thitung > ttabel ,
thitung (6,53) > ttabel (1,669). (4) Menurut penilaian respon siswa mengenai modul yang diajukan yang menyatakan sangat ranah kognitif berbeda baik di kelas eksperimen maupun kelas kontrol, rata – rata nilai C1, C2, dan C3 pada siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran menggunakan modul kimia inovatif dengan model PBL hasilnya C1 lebih tinggi
dibandingkan C2 dan C3 begitu juga dengan nilai pada siswa yang menggunakan tanpa modul kimia inovatif C1 lebih tinggi dibandingkan C2 dan C3. Dengan adanya peningkatan hasil belajar yang diketahui dari hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar kimia siswa yang diajarkan dengan menggunakan modul kimia inovatif lebih baik dibandingkan hasil belajar kimia
siswa yang diajarkan tanpa menggunakan modul kimia inovatif.
Kata kunci : Modul Inovatif, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 546.071 2 Gin p |
Keywords: | mengembangkan bahan ajar; menyusun model; standard buku ajar; BSNP; kurikulum 2013; rumus kimia; tata nama senyawa; persamaan reaksi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 10:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11279 |