Harahap, Khairunnisa (2014) PENGARUH MEDIA TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA YANG DIBELAJARKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA POKOK BAHASAN HODROLISIS GARAM. Undergraduate thesis, UNIMED.
4102131007 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
4102131007 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
4102131007 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
4102131007 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
4102131007 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
4102131007 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
4102131007 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
4102131007 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
4102131007 BAB V.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
4102131007 BAB I.pdf - Published Version
Download (464kB) | Preview
4102131007 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh media dengan model PBL terhadap peningkatan hasil belajar kimia siswa kelas XI MAN 1 Medan pada pokok bahasan hidrolisis garam. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Sampel penelitian sebanyak tiga kelas, yaitu kelas eksperimen 1yang diberi perlakuan menggunakan media visual dengan model PBL, kelas eksperimen 2 diberi perlakuan menggunakan media virtual dengan model PBL, dan kelas eksperimen 3 diberi perlakuan menggunakan media riill dengan model PBL. Penelitian ini menggunakan instrument test yang telah diuji cobakan dan telah valid. Data hasil belajar siswa diuji normalitas dan homogenitasnya, hasil yang didapat ketiga kelompok sampel homogen dan berdistribusi normal. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji ANAVA satu jalur dengan desain faktorial, dan diperoleh Fhitung = 7,62 sedangkan Ftabel = 3,08. Karena Fhitung > Ftabel pada taraf 5%, maka Ho ditolak. Dengan demikian ada pengaruh terhadap hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media visual, virtual dan riil dengan model pembelajaran berbasis masalah pada pokok bahasan hidrolisis garam. Peningkatan hasil belajar siswa diperoleh dari gain ternormalisasi dan didapatkan persen keberhasilan belajar siswa pada kelas eksperimen 1 sebesar 76,49 %, kelas eksperimen 2 sebesar 62,80% dan kelas eksperimen 3 sebesar 77,39%. Sedangkan nilai afektif dan psikomotorik tertinggi di kelas eksperimen 3. Dengan melihat peningkatan hasil belajar menggunakan media visual , virtual, dan riil dengan model PBL pada pokok bahasan hidrolisis garam, maka diharapkan media visual, virtual, dan riil dapat diaplikasikan dalam pembelajaran kimia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 541.393 071 2 Har p |
Keywords: | belajar kimia; media pembelajaran; pengelompokan media; sifat larutan garam; hidrolisis garam |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 19 Aug 2016 04:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11274 |