Suriyani, Dede (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA KONSEP REAKSI REDOKS. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103331009 COVER.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
4103331009 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (279kB) | Preview
4103331009 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
4103331009 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
4103331009 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
4103331009 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
4103331009 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
4103331009 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
4103331009 BAB I.pdf - Published Version
Download (398kB) | Preview
4103331009 BAB V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
4103331009 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran guided discovery based learning terhadap hasil belajar kimia siswa pada konsep reaksi redoks. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA SMA Negeri 3 Medan. Sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas yang berjumlah 64 siswa yang diambil dengan teknik purposif sehingga diperoleh yaitu siswa kelas eksperimen yang dibelajarkan dengan model pembelajaran guided discovery based learning dan kelas kontrol yang dibelajarkan dengan pembelajaran model konvensional dengan pendekatan saintifik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah soal sebanyak 20 soal yang telah dinyatakan valid, dan reliabel. Hasil belajar kimia siswa yang diajar dengan menerapkan model pembelajaran guided discovery based learning memberikan hasil yang lebih baik dengan nilai pretest 35,235 dan post-test 79,705 daripada hasil belajar siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional dengan pendekatan saintifik nilai pretest 34,911 dan nilai post-test 69,970. Nilai rata-rata gain kelas eksperimen adalah 0.7846 dan rata-rata gain kelas kontrol adalah 0,5360. Persentase peningkatan hasil belajar siswa yang dibelajarkan model pembelajaran guided discovery based learning sebesar 78,46% dan yang dibelajarkan dengan pembelajaran model konvensional dengan pendekatan saintifik sebesar 53,60%. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh bahwa nilai thitung sebesar 4,446 sedangkan ttabel sebesar 1,6697 pada taraf α = 0,05 dan dk = 66, sehingga thitung>ttabel. Hal ini berarti Ha terima, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang dibelajarkan melalui penerapan model pembelajaran guided discovery based learning lebih tinggi daripada peningkatan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran model konvensional dengan pendekatan saintifik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 541.393 071 2 Sur p |
Keywords: | hasil belajar kimia; pembeljaran kompetensi; guided discovery learning; reaksi redoks; analisis data |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 10:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11271 |