Adiansyah, Rifzal (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBASIS MASALAH DALAM UPAYA MENUMBUHKAN SIKAP DEMOKRATIS DAN MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA PADA POKOK BAHASAN IKATAN KIMIA. Undergraduate thesis, UNIMED.
4101131027 COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
4101131027 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
4101131027 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (11kB) | Preview
4101131027 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (7kB) | Preview
4101131027 DAFTAR ISI..pdf - Published Version
Download (8kB) | Preview
4101131027 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (6kB) | Preview
4101131027 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (6kB) | Preview
4101131027 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (7kB) | Preview
4101131027 BAB I.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
4101131027 BAB V.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
4101131027 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
Abstract
Penerapan model pembelajaran ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan sikap demokratis dan hasil belajar kimia siswa yang diajar dengan menggunakan model Pembelajaran Kooperatif Berbasis Masalah (CPBL) dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) pada pokok bahasan Ikatan Kimia dijelaskan dalam skripsi ini. Penelitian dilakukan terhadap siswa kelas X SMA Negeri 1 Panyabungan T.A 2014/2015. Pengambilan data untuk sikap demokratis siswa diperoleh melalui observasi dengan menggunakan data instrumen yang telah valid. Sedangkan hasil belajar siswa diperoleh dengan tes hasil belajar menggunakan instrumen tes sebanyak 20 soal. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan tumbuh kembangnya sikap demokratis siswa yang diajar dengan model Pembelajaran Kooperatif Berbasis Masalah (CPBL) dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) sebesar 0,92%. Terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang diajar dengan model Pembelajaran Kooperatif Berbasis Masalah (CPBL) dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) sebesar 13,07%. Peningkatan hasil belajar pada kelas yang diajar dengan model Pembelajaran Kooperatif Berbasis Masalah (CPBL) sebesar 71,67% dan peningkatan hasil belajar pada kelas yang diajar dengan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) sebesar 58,60%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 541.224 071 2 Adi p |
Keywords: | pendidikan karakter; demokratis; hasil belajar; CPBL; kooperatif berbasis masalah; ikatan kimia |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 10:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11265 |