Harahap, Irwan Aripin (2013) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN DI KELAS XI SMA NEGERI 2 TEBING TINGGI TAHUN PEMBELAJARAN2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
408341027 COVER.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
408341027 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
408341027 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
408341027 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
408341027 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
408341027 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
408341027 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
408341027 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
408341027 BAB V.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
408341027 BAB I.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
408341027 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan NHT pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan di kelas XI SMA Negeri 2 Tebing Tinggi tahun pembelajaran 2012/ 2013.Penelitian ini dilakukan pada dua kelas yang berbeda masing-masing berjumlah 36 orang sehingga total sampel 72 orang. Pada kelas pertama pembelajaran dilakukan dengan menggunakan model kooperatif tipe jigsaw sedangkan pada kelas yang kedua pembelajaran dilakukan dengan menggunakan NHT. Untuk menguji hipotesis yang telah dirumuskan digunakan uji statistik uji t. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model kooperatif tipe jigsaw sedangkan pada kelas yang kedua pembelajaran dilakukan dengan menggunakan NHT. Nilai rata-rata siswa yang diajar dengan menggunakan model kooperatif tipe jigsaw nilai rata-rata (80,09; SD = 8,92) lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata NHT (72,69; SD = 7,69). Uji hipotesis menunjukkan menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar siswa yang sangat berarti antara model kooperatif tipe jigsaw dan NHT thitung = 3,46 > t tabel = 2,00. Maka hipotesis Ha diterima yang artinya ada perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan NHT pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan di kelas XI SMA Negeri 2 Tebing Tinggi Tahun Pembelajaran 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 581.410.712 Har p |
Keywords: | hasil belajar; pembelajaran kooperatif; jigsaw; NHT; jaringan tumbuhan; jaringan maristern; jaringan penyokong; jaringan pengangkut; jaringan gabus; organ tumbuhan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QK Botany |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 16 Aug 2016 08:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11259 |