Suhaimi, Robi (2013) EFEKTIVITAS STRATEGI PEMBELAJARAN THINK-TALK-WRITE BERBANTUAN LEMBAR KERJA SISWA TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA. Undergraduate thesis, UNIMED.
409431031 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
409431031 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (471kB) | Preview
409431031 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
409431031 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
409431031 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
409431031 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
409431031 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
409431031 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
409431031 BAB I.pdf - Published Version
Download (493kB) | Preview
409431031 BAB V.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
409431031 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran Think-Talk-Write berbantuan lembar kerja siswa lebih tinggi secara signifikan daripada peningkatan hasil belajar siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional berbantuan lembar kerja siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X di SMA Negeri 13 Medan yang terdiri dari 10 Kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas yang diambil dengan cara purposif (pertimbangan) yaitu pengambilan sampel dengan beberapa pertimbangan dilakukan oleh peneliti sehingga diperoleh kelas yang diberi pengajaran dengan Strategi Pembelajaran Berbantuan Lembar Kerja Siswa dan kelas yang diajar dengan Pembelajaran Konvensional Berbantuan Lembar Kerja Siswa. Instrumen yang digunakan berupa instrumen tes sebanyak 20 soal yang sebelumnya telah diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda. Berdasarka uji validitas tes, dengan harga kritik r-product moment pada α = 0,05 dengan rtabel = 0,47 (N=18) dan kriteria rhitung > rtabel, maka soal dinyatakan valid. Nilai rata-rata hasil belajar untuk siswa Kelas Eksperimen I sebesar 84,90 ± 6,68 dan untuk siswa Kelas Eksperimen II sebesar 82,50 ± 7,20, dengan nilai gain (peningkatan hasil belajar) untuk siswa Kelas Eksperimen I sebesar 0,77 dan untuk siswa Kelas Eksperimen II sebesar 0,72. Berdasarkan hasil analisa data, diperoleh harga thitung sebesar 2,04 serta nilai ttabel sebesar 1,67 pada taraf signifikan α = 0,05 dan dk = 66, sehingga pada uji hipotesis diperoleh thitung > ttabel. Sedangkan persentase peningkatan hasil belajar siswa Kelas Eksperimen I sebesar 77,20% dan persentase peningkatan hasil belajar siswa Kelas Eksperimen II sebesar 71,90%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa yang diajar dengan Strategi Pembelajaran Think-Talk-Write Berbantuan Lembar Kerja Siswa lebih tinggi secara signifikan daripada peningkatan hasil belajar siswa yang diajar dengan Pembelajaran Konvensional Berbantuan Lembar Kerja Siswa pada pokok bahasan Hidrokarbon di kelas X SMA Negeri 13 Medan T.A 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 547.010 71 Suh e |
Keywords: | hasil belajar; pembelajaran kimia; pembelajaran Think-Talk-Write; lembar kerja siswa; materi hidrokarbon; alkena |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 04:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11250 |