Anisyah (2013) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN TIPE STAD PADA MATERI POKOK SISTEM REPRODUKSI DI SMA NEGERI 1 PANYABUNGAN KAB.MANDAILING NATAL TAHUN EMBELAJARAN2012-2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
409441004 COVER.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
409441004 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
409441004 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
409441004 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
409441004 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
409441004 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
409441004 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
409441004 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
409441004 BAB I.pdf - Published Version
Download (470kB) | Preview
409441004 BAB V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
409441004 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kognitif siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan tipe STAD pada materi pokok sistem reproduksi pada manusia di SMA Negeri 1 Panyabungan Kab.Mandailing Natal tahun pembelajaran 2012/2013. Rendahnya hasil belajar siswa kelas XI IPA SMA negeri 1 Panyabungan Kab.Mandailing Natal dikarenakan kurang maksimalnya guru dalam melibatkan siswa secara aktif dan model pembelajaran yang digunakan kurang bervariasi selama kegiatan belajar mengajar. Untuk itu, perlu adanya inovasi model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa yaitu tipe Jigsaw dan tipe STAD (Student Team Achievement Divisions).Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu, dengan populasi penelitian seluruh siswa kelas XI IPA yang terbagi atas 4 kelas. jumlah sampel yaitu 76 siswa diambil secara purpose yang terdiri dari 2 kelas, kelas XI IPA 2 diajar dengan tipe STAD dan XI IPA 3 diajar dengan tipe Jigsaw. Instrument penelitian digunakan adalah tes hasil belajar siswa dalam bentuk pilihan berganda yang berjumlah 20 soal yang sudah divalidasi terlebih dahulu.Teknik analisis data yang digunakan adalah rumus uji-t.Berdasarkan analisis data,(mean ± SD) yang diajar dengan tipe Jigsaw adalah (83.82 ± 8.577) dan yang diajar dengan tipe STAD (mean ± SD) yaitu (73.42 ± 10.787). Ada perbedaan yang signifikan hasil belajar, dibuktikan melalui uji hipotesis dan uji-t taraf signifikan α = 0,05 dan diperolehthitung> ttabel (4,641 > 2,00). Maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar yang menggunakan tipe Jigsaw lebih baik dan efektif dibandingkandengan Tipe STAD Pada Materi Pokok Sistem Reproduksi Di SMA Negeri 1 Panyabungan Kab.Mandailing Natal Tahun Pembelajaran 2012-2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 574.160 71 Ani p |
Keywords: | pembelajaran; hasil belajar; pembelajaran kooperatif; jigsaw; STAD; sistem reproduksi pada manusia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH471 Reproduction |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 04:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11247 |