SSinambela, Setia I B (2013) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENTTEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN TIPE JIGSAW PADA MATERI POKOK EKOSISTEM DI KELAS X SMA NEGERI 1 BAKTIRAJA. Undergraduate thesis, UNIMED.
409141087 COVER.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
409141087 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
409141087 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
409141087 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
409141087 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
409141087 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
409141087 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
409141087 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
409141087 BAB I.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
409141087 BAB V.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
409141087 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model STAD dengan Jigsaw pada materi pokok ekosistem di kelas X SMA Negeri 1 Baktiraja. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dimana populasinya adalah seluruh siswa kelas X yang terdiri dari empat kelas dengan jumlah siswa 117 orang. Pengambilan sampel penelitian dilakukan secara random (random sampling). Dua kelas sebagai sampel yaitu kelas X-1 sebagai kelas STAD dan X-2 sebagai kelas Jigsaw. Kelas STAD terdapat 29 siswa dan Jigsaw 28 siswa sehingga sampel berjumlah 57 siswa. Instrumen yang digunakan berupa soal pilihan berganda sebanyak 25 soal kognitif yang digunakan sebagai soal pre-test dan post-test. Rata-rata hasil belajar kelas Jigsaw sebesar 75,28 dengan standar deviasi 6,25 lebih tinggi dibanding kelas STAD 70,75 dengan standar deviasi 7,86 sehingga terdapat perbedaan nilai sebesar 4,53 dengan perbandingan STAD : Jigsaw = 1 : 1,06. Pengujian hipotesis yang dilakukan dengan uji t menunjukkan nilai thitung = -2,41 dan ttabel = 2,005 dengan taraf signifikansi 0,05. Ho diterima jika
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 577.107 12 Sin p |
Keywords: | Belajar dan Pembelajaran;Hasilbelajar;Model Pembelajaran kooperatif;Tipe STAD;Tipe Jigsaw;Ekosistem |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 09:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11209 |