Siregar, Silvana (2013) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA SUB MATERI POKOK EKOSISTEMDI KELAS VII SMP BUDISATRYAMEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
409341045 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
409341045 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (290kB) | Preview
409341045 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
409341045 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
409341045 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
409341045 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
409341045 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
409341045 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
409341045 BAB I.pdf - Published Version
Download (334kB) | Preview
409341045 BAB V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
409341045 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar biologi siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dan Student Teams Achievement Division (STAD) pada Sub Materi Pokok Ekosistem di Kelas VII SMP Budisatrya Medan.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII Semester gaenap SMP Budisatrya Medan terdiri dari empat kelas. Sampel penelitian ini diambil dua kelas yaitu kelas VII1 (sebagai kelas eksperimen I) dan kelas VII4 (sebagai kelas eksperimen II) yang masing-masing berjumlah 40 siswa ditentukan dengan cara purposif. Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini digunakan tes pilihan berganda dengan jumlah 20 soal yang telah teruji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda soalnya.Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen I adalah 44,00 dan nilai rata-rata kelas eksperimen II adalah 43,75. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan awal kedua kelas adalah sama. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen I dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan kelas eksperimen II dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD. Setelah pembelajaran selesai diberikan postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen I 72,625 dan kelas eksperimen II 65,125.Dari hasil uji t diperoleh thitung = 2,156 sedangkan ttabel = 1,994. Karena thitung > ttabel (2,156 > 1,994) maka Ho ditolak, dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa menggunakan metode NHT dan STAD pada sub materi pokok ekosistem kelas VII SMP BUDISATRYA Medan Tahun Pembelajaran 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 577.107 12 Sir p |
Keywords: | Hasil Belajar ; Aktivitas Belajar; Kooperatif Tipe STAD;Ekosistem |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 23 Aug 2016 07:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11206 |