Simanjuntak, Lisnawati (2013) PERBEDAAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT DENGAN NHT PADA MATERI POKOK STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN DI KELAS VIII SMP SWASTA MASEHI BERASTAGI TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (309kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
6. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
7. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (535kB) | Preview
10. BAB V.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar biologi siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif TGT (Team Game Tournament) dengan NHT (Numbered Head Together) pada Materi Pokok Struktur Dan Fungsi Jaringan Tumbuhan di Kelas VIII SMP Swasta Masehi Berastagi Tahun Pembelajaran 2012 / 2013. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dimana populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII yang terdiri dari empat kelas dengan jumlah siswa 140 orang. Pengambilan sampel penelitian dilakukan secara purposive sampling. Dua kelas sebagai sampel yaitu kelas VIII-1 sebagai kelas TGT dan VIII-2 sebagai kelas NHT. Kelas TGT terdapat 30 siswa dan NHT 30 siswa sehingga sampel berjumlah 60 siswa. Instrumen yang digunakan berupa soal pilihan berganda sebanyak 30 soal kognitif yang digunakan sebagai soal pre-test dan post-test.Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa pada kelas NHT sebesar 76,33 dengan standar deviasi 9,28 lebih tinggi dibandingkan kelas TGT sebesar 70 dengan standar deviasi 12,50. Pengujian hipotesis yang dilakukan dengan uji t menunjukkan nilai thitung=2,21 dan ttabel=2,002 dengan taraf signifikansi 0,05. Berdasarkan kriteria Ho diterima jika
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 575.507 1 Sim p |
Keywords: | model pembelajaran kooperatif; TGT; NHT; hasil belajar; fungsi akar; fungsi batang; fungsi daun; fungsi bunga; jaringan pada tumbuhan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 28 Sep 2016 06:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11196 |