Syahputra, Joko (2013) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODEMNEMONIK TEKNIK IRAMA DAN LAGU DENGAN PETA PIKIRAN MIND MAPPING PADA SUB MATERIPOKOK SISTEM INDRA PADA MANUSIA DIKELAS XI IPA SMA NEGERI 1 KECBINJAI TAHUN PEMBELAJARAN2012 2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
409441020 COVER.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
409441020 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
409441020 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
409441020 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
409441020 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
409441020 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
409441020 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
409441020 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
409441020 BAB I.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
409441020 BAB V.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
409441020 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswamenggunakan metode mnemonik teknik irama dan lagu dengan peta pikiranMind mapping pada sub materi sistem indra pada manusia di kelas XI IPA SMANegeri 1 Kecamatan Binjai Tahun Pembelajaran 2012 2013 Penelitian inidilaksanakan pada bulan Maret April 2013Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu Quasieksperiment yang diberi perlakuan yang berbeda pada masing masing kelasKelas yang digunakan sebagai sampel adalah kelas XI IPA2 dan kelas XI IPA3Sampel ditentukan secara purposive sampling sampel bertujuan Untuk kelas XIIPA2 menggunakan metode mnemonik teknik irama dan lagu, sedangkan kelas XIIPA3 menggunakan teknik peta pikiran Mind mappingHasil penelitian menunjukkan bahwa pengajaran metode mnemonik teknikirama dan lagu dan peta pikiran mind mapping dapat meningkatkan hasil belajarsiswa pada sub materi pokok sistem indra pada manusia khususnya teknik iramadan lagu dimana teknik ini mempermudah proses belajar di dalam mengingatmateri serta dapat menggabungkan mekanisme cara kerja otak kiri dan kanansehingga terjadi asosiasi yang baik Sebelum diberi perlakuan rata rata nilai pretes pada kelas eksperimen I adalah 3 704 dan setelah diberi perlakuan menjadi7 696 sedangkan nilai pre tes siswa pada kelas eksperimen II adalah 4 010 dansetelah diberi perlakuan menjadi 7 242 Peningkatan nilai rata rata siswa padakelas eksperimen I sebesar 3 992 dan kelas eksperimen II sebesar 3 232Berdasarkan nilai tersebut dapat diketahui bahwa hasil belajar siswa di kelaseksperimen I lebih tinggi dibandingkan dengan kelas eksperimen II Analisisstatistika menunjukkan perbedaan antara metode mnemonik teknik irama dan lagudengan teknik peta pikiran thitung ttabel yakni 2 316 1 994
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 574 407 12 /Sya/p |
Keywords: | Hasil belajar ; Eksprimen semu metode menemunik teknik ;Irama dan lagu ; Peta pikiran ;Indra penglihatan ; Indra pendengaran ;Indra peraba ; Indra pembau |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 16 Aug 2016 03:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11193 |