Nasution, Ummi Salamah (2013) ANALISIS FAKTOR KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI KELAS X SEMESTER II SMA YAYASAN CERDAS MURNI TEMBUNG T. P 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
409341051 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
409341051 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
409341051 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
409341051 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
409341051 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
409341051 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
409341051 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
409341051 BAB I.pdf - Published Version
Download (401kB) | Preview
409341051 BAB V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
409341051 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penyebab kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran biologi di kelas X SMA Yayasan Cerdas Murni Tembung yang dilihat melalui faktor kesehatan siswa, perhatian siswa, intelijensi, minat, motif, cara orang tua mendidik, suasana rumah, metode mengajar guru, alat pelajaran, standart pelajaran, dan faktor media pelajaran. Penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Yayasan Cerdas Murni Tembung yang terdiri dari 2 kelas. Sampel yang digunakan adalah sampel secara acak (Random Sampling), yaitu kelas X-2 yang berjumlah 40 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa angket berbentuk pilihan berganda. Sebelum angket diberikan kepada siswa terlebih dahulu divalidkan oleh ahli. Hasil analisis data diperoleh bahwa faktor kesehatan yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa sebesar 42,88%, faktor perhatian siswa sebesar 45,16%, faktor inteligensi sebesar 47,50%, faktor minat sebesar 62,00%, faktor motif sebesar 65,42%, faktor cara orang tua mendidik sebesar 70,21%, faktor suasana rumah sebesar 66,88%, faktor metode mengajar guru sebesar 65,38%, faktor alat pelajaran 66,25%, faktor standart pelajaran 53,13%, dan faktor media pelajaran sebesar 53,96%. Berdasarkan hasil analisis angket yang dilakukan, didapatkan bahwa keseluruhan kesulitan belajar yang dialami oleh siswa kelas X SMA Yayasan Cerdas Murni Tembung mencapai 57,20% yang termasuk kedalam kriteria cukup menghambat proses pembelajaran biologi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 574.071 2 Nas r |
Keywords: | belajar; hail belajar; kesulitan belajar; faktor |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 23 Aug 2016 07:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11192 |