NOVARA, ARNY SULA (2013) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM INDERA MANUSIA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DAN NUMBERED HEAD TOGETHER DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 4 MEDANTAHUN PEMBELAJARAN 2012 2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
409341005 COVER.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
409341005 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
409341005 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
409341005 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
409341005 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
409341005 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
409341005 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
409341005 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
409341005 BAB I.pdf - Published Version
Download (364kB) | Preview
409341005 BAB V.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
409341005 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Make A Match dengan Numbered Head Together perbandingan ketuntasan indikator belajar siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Make A Match dengan Numbered Head Together dan perbandingan aktivitas belajar siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Make A Match MAM dengan Numbered Head Together (NHT) pada materi Sistem Indera Manusia kelas XI IPA SMA Negeri 4 Medan Tahun Pembelajaran 2012 2013Populasi dalam penelitian eksperimen ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 4 Medan Tahun Pembelajaran 2012 2013 yang terdiri dari 8 kelas dengan jumlah siswa seluruhnya sekitar 300 siswa Sampel diambil dengan sistem acak undian sampling random sebanyak dua kelas Kelas yang terpilih untuk diteliti yaitu XI IPA 3 sebagai kelas Numbered Head Together dan XI IPA 6 sebagai kelas Make A Match yang masing masing berjumlah 34 dan 36 siswa sehingga jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 70 siswa Hasil analisis data diperoleh perbandingan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Make A Match MAM lebih tinggi dibandingkan Numbered Head Together NHT yaitu sekitar 1 1 1 Hasil belajar kelas Make A Match MAM diperoleh dengan nilai rata-rata postest yakni 87 40 sedangkan Numbered Head Together NHT dengan nilai rata-rata postest yakni 81 07 Perbandingan ketuntasan indikator belajar siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Make A Match (MAM) juga lebih tinggi dibandingkan Numbered Head Together (NHT) yaitu sekitar 1 2 1 Untuk perbandingan aktivitas belajar siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Make A Match (MAM) lebih tinggi dibandingkan Numbered Head Together NHT yaitu sekitar 1 2 1 Adanya perbandingan hasil belajar tersebut dibuktikan melalui pengujian hipotesis dengan menggunakan Uji-t diperoleh bahwa thitung 4 193 dan harga ttabel 1 668 thitung ttabel pada 0 05 yang menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Make A Match MAM lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together NHT pada materi Sistem Indera Manusia kelas XI IPA SMA Negeri 4 Medan Tahun Pembelajaran 2012 2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 574 407 12 /Non/p |
Keywords: | Hasil belajar ; Aktivitas belajar ; Model pembelajaran ; Koperatif ; Maka match ; Nht ; Sistem alat indra manusia |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 03:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11187 |